$type=ticker$cols=4

Makanan dan Minuman khas Sumatera Barat

Makanan dan Minuman khas Sumatera Barat M asakan Sumatera Barat adalah jenis kuliner yang berkembang di provinsi Sumatera Barat. Pr...

Makanan dan Minuman khas Sumatera Barat


Masakan Sumatera Barat adalah jenis kuliner yang berkembang di provinsi Sumatera Barat. Produk kuliner Sumatera Barat merupakan salah satu yang dikenal luas di Indonesia dan disebut juga dengan istilah Masakan Minangkabau yang diperkenalkan oleh para perantau Minangkabau dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Terdapat banyak resep dan variasi masakan Sumatera Barat berdasarkan daerah, kota atau kabupatennya, antara lain Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, Payakumbuh, Solok, Batusangkar, Agam, Dharmasraya dan sebagainya.

Meskipun beraneka ragam masakan Minangkabau bukan hanya berasal dari kota Padang, Masakan Sumatera Barat telah terlanjur dikenal masyarakat awam dengan sebutan Masakan Padang. Masakan Sumatera Barat dikenal banyak menggunakan santan dan daging, memiliki rasa pedas dari penggunaaan bumbu dan rempah-rempah.

Makanan utama
Masakan berikut merupakan hidangan utama yang dihidangkan dengan nasi. Di restoran masakan Minang, makanan ini disajikan sekaligus di atas meja.
1.Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.
2.Randang Lokan - Bagi penggemar kerang, rendang lokan ini akan menjadi menu andalan saat berkunjung ke Sumatera Barat. Selain karena rasanya enak, banyak bumbunya, serta pedasnya mantap.Rendang lokan banyak dijumpai di kabupaten Pesisir selatan dan di Kabupaten Pariaman. Lokasi pencarian lokan banyak ditemui di muara sungai yang berlumpur.Rasa rendang lokan sangat unik, mulai dari gurih, pedas, kenyal, dan ada rasa manis alami dari daging lokan itu sendiri. Rendang lokan yang sudah menjadi coklat kehitaman biasanya memiliki rasa kaldu lebih kuat dan yang terpenting, rendang lokan ini lebih sehat dari rendang daging. Karena lokan atau kerang merupakan sumber protein hewani yang lengkap.
3.Dendeng Balado  - Dendeng balado adalah masakan khas Sumatera Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering.Daging goreng ini lalu diberi 
bumbu balado.
4.Gulai paku - Gulai paku adalah gulai yang menggunakan batang dan daunpaku/pakis yang masih muda, sayur gulai paku biasanya dimakan bersama dengan ketupat atau orang minang biasa menyebutnya dengan ketupek. Cita rasa katupek ini tidak bisa dipalsukan oleh bahan apapun, begitu pula teksturnya. Katupek yang baik adalah katupek yang padat dan tidak lembek. Biasanya bila di buka daun kelapanya, warna katupek pada bagian luar akan menjadi sedikit kehijauan, warna ini pun tidak bisa dijiplak dengan bahan lain.
5.Dendeng BatokokDendeng batokok bahannya sama dengan dendeng balado, bedanya adalah bumbu baladonya bukan memakai cabai merah, namun memakai cabai hijau yang diiris kasar dan daging sapi setelah diiris tipis melebar lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya dagingnya menjadi lembut.
6.Gulai Tunjang - Gulai Tunjang Khas Padang adalah satu dari sekian banyak kuliner yang berasal dari kota Minang, Padang, Sumatera Barat. Gulai Tunjang sendiri terbuat dari kikil kaki sapi yang dimasak dengan santan beserta bumbu-bumbu pilihan lainnya seperti cabai merah, bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, lengkuas, garam, daun jeruk, daun kunyit, serai, asam kandis sehingga menambah kelezatan disetiap masakan gulai tunjang ini.
7.Gulai Tauco - Gulai Tauco Khas Padang adalah salah satu dari sekian banyak kuliner yang sangat khas dari Padang, Sumatera Barat. Masakan ini terbuat dari bahan dasar tauco yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa serta tambahan bahan lainnya seperti udang, buncis dan tahu. Selain itu Gulai Tauco Khas Padang juga diracik dengan bumbu dan rempah-rempah khas Padang sehingga rasanya sangat enak dan tentunya sehat untuk dikonsumsi.
8.Gulai itiak - Gulai itiak (itik) makanan khas yang terkenal dari Koto Gadang Agam, di Bukittinggi yang terletak tidak jauh dari Koto Gadang gulai itiak disebut tanak koto gadang. Masakan ini menggunakan itik sebagai bahan dasar, dengan bumbu cabe kriting hijau, laos, kunyit, jahe, daun salam daun jeruk dan daun kunyit. Membuatnya digunakan bebek (itik) muda yang setelah dipotong lalu dibakar terlebih dahulu. Hasilnya adalah gulai bebek (itik) yang bewarna hijau.
9.Gulai banak - Gulai Banak atau Gulai Otak memakai otak sapi sebagai bahan dasarnya. Gulai Banak (Otak) ini juga merupakan salah satu masakan tradisional daerah Sumatera. Otak sapi mentah dicuci bersih, dikukus atau direbus, dibuang kulit arinya, dan dipotong-potong terlebih dahulu sebelum dimasak.Bumbu gulainya mirip dengan gulai Minang pada umumnya, yakni di antaranya menggunakan santan, cabai merah, kunyit, serta bumbu, herba, dan rempah lainnya sehingga kuahnya berwarna merah-oranye dan kental. Bedanya, gulai otak menggunakan asam kandis dan daun mangkokan yang dirajang halus untuk mengurangi bau amis otak sapi.
10.Gulai kambiang - Gulai Kambiang adalah masakan berbahan baku daging kambing, yang diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercitarasa gurih. Ciri khas gulai Kambiang adalah bumbunya yang kaya rempah antara lain kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan.
11.Pangek masinPangek merupakan masakan khas Minang yang sudah sangat tenar keberadaannya. Masakan ini adalah olahan dari ikan yang dimasakan bersama campuran kuah santan dan bum-bumbu tradisional lainnya. Pangek masin terkenal dengan rasa kuahnya yang begitu sangat gurih dan juga kental dengan rasa pedas. Kuahnya yang berwarna kuning kental, membuat masakan pangek ini sangat menggoda selera. Sangat nikmat sekali bila pangek masin ini disajikan dengan nasi dan disantap bersama-sama.
12.Pangek padeh - masakan berkuah seperti gulai, hanya saja tidak menggunakan santan. Jenis masakan ini bisa menjadi alternatif bagi seseorang yang takut pada kolesterol tinggi. Berbagai macam ikan bisa dimasak dengan cara ini, misalkan tongkol, kembung, cumi, dan lain-lain.
13.Kalio dagiang - kuliner khas Padang yang paling banyak kita jumpai jika kita pergi makan nasi Padang di rumah masakan Padang dimanapun itu, makanan yang satu ini sering disajikan sebagai menu pilihan pembeli. Kuliner khas Padang yang satu ini memang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena makanan ini memiliki rasa yang bercita rasa tinggi dan membuat nafsu makan menjadi bertambah. Kalio Daging Sapi terbuat dari bahan daging sapi dengan perpaduan bumbu-bumbu dan racikan khas Padang sehingga membuat kuliner yang satu ini menjadi lebih enak, sehat dan tentunya banyak digemari masyarakat. Kalio danging sapi ini sebenarnya tidak jauh beda dengan rendang, kalau kalio olahanya gak lama dan amsih ada kuah kuahnya gitu, tatapi kalau rendang lama, kadang sampai kuahnya aga mengering.
14. Ikan balado - Balado adalah teknik memasak khas Minangkabau dengan cara menumis cabe giling dengan berbagai rempah, biasanya bawang merah, bawang putih, jeruk nipis. Berbeda dengan sambal lain yang hanya menggunakan cabe giling sebagai pendamping makanan dengan cara dicelup, balado dihidangkan dengan cara diimasak kembali dengan berbagai jenis masakan seperti dendeng, teri, ikan goreng, ayam goreng, bebek goreng, telur rebus, dan tempe goreng. Tindakan menambahkan cabe dan rempah dipercaya membuat makanan bertambah awet.
Cabe yang lazim digunakan adalah cabe keriting merah, walaupun kenyataannya masakan balado dengan cabe hijau juga populer.

Sebenarnya penggunaan kata Balado sendiri digunakan setelah kata benda, Misalnya Ikan Balado (Ikan+Cabe), Gulai Balado, Sayur Bayam Balado, Dendeng Balado. Bukan Balado dendeng maupun Balado Ikan. Penggunaan kata Balado sebelum kata benda merupakan penyalahgunaan bahasa sehingga menghilangkan arti sebenarnya dalam bahasa aslinya
15. Soto padang - Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mie dari tepung beras), ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas. Selain di Kota Padang, Sumatera Barat, hidangan Soto Padang juga mudah ditemukan di berbagai restoran Padang di penjuru dunia.
16.Goreng baluik - Salah satu masakan Minang yang terkenal renyah, gurih dan cocok dipadukan dengan apa saja adalah goreng baluik. Sesuai namanya, masakan ini terbuat dari baluik alias belut yang digoreng sampai renyah. Belut sungai berukuran kecil-kecil yang digoreng dengan bumbu sederhana sangat pas sebagai teman makan nasi, sehingga banyak digemari oleh masyarakat asli maupun pendatang.
17.Goreng lauak - makanan yang berasal dari Padang yang terbuat dari ikan asin peda dengan perpaduan tepung beras, bumbu-bumbu khas lain seperti kunyit, lengkuas, jahe, cabai giling, daun bawang, daun kunyit, serta bumbu yang dihaluskan bawang merah dan bawang putih sehingga membuat kuliner yang satu ini nampak berbeda seperti kuliner yang lainnya terutama dari segi rasa yang gurih dan enak. Kuliner yang satu ini memang sangat digemari oleh lidah orang Padang karena goreng lauak memiliki cita rasa yang tinggi.
18.Palai Bada - Palai Bada adalah kuliner yang terbuat dari bahan dasar ikan teri basah yang dibungkus dengan daun pisang menyerupai pepes, bumbunya yang khas karena memakai racikan bumbu halus khas Padang sehingga rasanya sangat enak sekali apalagi dimakan bersama dengan nasi putih hangat pastinya anda makannya akan nambah karena rasanya yang enak dan tentunya sehat apabila dikonsumsi
Makanan selingan
1.Sate Padang - Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatera Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas. Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah sate nya yang berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate di atas.
2.Pical - Kota Bukit Tinggi yang merupakan kota wisata Sumatera Barat cukup dikenal dengan Pical/(pecel) yang lezat sama halnya dengan pecel khas Jawa, Pical Sikai bisa disantap dengan nasi atau ketupat. Yang membuat Pical Sikai berbeda dengan Pecel lainnya adalah terletak pada mie yang digunakan dan kuah kacangnya. Karena Pical Sikai menggunakan mie pipih yang besar serta kuahnya dengan rasa khas ala Minangkabau membuat anda menjadi ketagihan.
3.Dadiah - Dadiah merupakan susu kerbau yang difermentasi secara alami di dalam buluh atau ruas batang bambu. Biasanya, fermentasi yang terjadi berlangsung setidaknya selama satu hari penuh. Tetapi umumnya yang telah dilepas ke pasar adalah dadiah berumur dua hari.Proses fermentasi ini kemudian menghasilkan sejenis krim padat bertekstur lembut dan memiliki cita rasa yang asam. Semakin lama umur fermentasinya, dadiah yang dihasilkan akan semakin padat dan mengeras.
4.Lamang - Lamang (Lemang) adalah salah satu makanan khas minangkabau yang dihidangkan saat idul fitri. Tradisi ini sudah mulai jarang ada, apalagi setelah ramainya kue-kue lebaran. Nasib penganan khas ini sudah hampir sama dengan kuliner khas minang lainnya, seperti ampiang dadiah, kacimuih, lapek bugih dll. Sudah sangat jarang ditemui, hanya ada di daerah tertentu dan di hari-hari tertentu.
5.Katupek Pitalah - Ketupat sayur atau dalam bahasa Minangnya Katupek, merupakan makanan favorit orang Minangkabau untuk menunda lapar. Baik itu saat sarapan pagi, siang atau malam, Katupek menjadi pilihan bagi mereka yang tidak mau makan berat namun tetap kaya serat.
6.Katan durian -  ketan durian merupakan makanan khas minang atau orang biasa menyebut makanan orang padang yang terdiri dari beras ketan dengan durian sebagai pelengkapnya. Ketan atau lemang adalah beras ketan yang dimasak didalam bambu muda. bahan utamanya adalah beras ketan putih, santan kelapa, daun pandan, dan sedikit garam. beras ketan dicuci dibersihkan dulu dan dimasukan kedalam ruas bambu muda yang terlebih dahulu didalamnya dilapisi dengan daun pisang kemudian baru dituangkan santan ke berasnya dan dibakar dengan bara api, dijaga dan jangan sampai ruas bambu terbakar.
7.Bubur kampiun - Bubur kampiun adalah perpaduan dari berbagai bubur yg ada di Sumatra Barat , terdiri dari : bubur kacang ijo, kolak pisang, bubur ketan hitam, ketan sarikayo, lupis.
Kue-kue tradisional Sumatra barat
1.Galamai - Galamai merupakan cemilan sejenis dodol atau jenang yang berkembang di Payakumbuh. Selain di Payakumbuh, cemilan ini juga ditemukan di berbagai tempat di Sumatera Barat, antara lain Solok, Pariaman, dan Pasaman. Penyebutan kuliner ini juga bervariasi di tiap daerah. Antara lain, galamai, kalamai, calamai dan gelamai. Makanan yang satu ini terbuat dari tepung beras ketan (pulut), gula aren, dan santan. Ketiga jenis bahan ini dimasak dalam suatu kuali besar hingga membentuk gumpalan yang liat dan berwarna kecokelatan. Gumpalan ini akan dipotong dan dibentuk sebelum adonannya dingin.
2.Wajik - Wajik juga termasuk makanan ringan tradisional khas di Sumatera Barat. Makanan ini sangat terkenal bukan hanya di wilayah Sumatera Barat saja, namun juga dibeberapa tempat. Bahkan kue ini juga terkenal sampai ke Negara tetangga. Sebenarnya wajik lebih popular di Jawa Tengah, di Sumatera Barat wajik ini lebih dikenal dengan sebutan pulut manis. Berbeda-beda sebutan kue wajik ini disetiap daerah, tergantung dari jenisnya. Wajik yang terbuat dari ketan disebut ketan wajik. Ada lagi wajik kletik yaitu wajik yang terkenal dari Blitar, bedanya wajik ini dikemas dalam bungkus yang kecil-kecil dari kulit jagung. 
3.Karupuak Sanjai - Karupuak Sanjai merupakan kerupuk yang terbuat dari ubi singkong. Kerupuk ini sangat terkenal sebagai oleh-oleh khas dari Kota Bukit Tinggi. Dinamakan sanjai karena berasal dari salah satu daerah di Bukit Tinggi yaitu di jalan Sanjai terletak di Desa Manggis, Kel. Manggis Gantiang Sanjai, Kota Bukittinggi. Proses pembuatannya pun sangat mudah, diolah dari singkong yang diparut tipis, lalu di goreng dalam minyak yang panas hingga menjadi kerupuk dan diberi penyedap rasa agar lebih sedap. Biasanya ada tiga varian penyedap rasa kerupuk sanjai yaitu garam, gula merah dan bumbu balado. Jika diberi garam, kerupuk ini dinamakan “Karupuak Sanjai Tawar”. Ada lagi kerupuk tersebut ditambahkan dengan gula merah dinamakan “Karupuak Sanjai Saka” dan jika diberi bumbu balado dinamakan “Karupuak Balado”. 
4.Kue Basung -  Kue tradisional ini merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung beras, gula merah, santan, air dan garam. Melihat bahan-bahannya saja sangat mudah,proses pembuatannya pun simple. Gula merah dilarutkan terlebih dahulu hingga mencair dan kemudian disaring agar kotoran-kotorannya tidak masuk dalam adonan. kemudian dicampur dengan tepung beras serta sedikit garam. Untuk cetakannya dibuat dari daun pisang membentuk kerucut-kerucut dan masukkan adonan ke dalamnya kemudian dikukus sampai matang.
5.Karak kaliang - Karak Kaliang adalah kue khas Kota Bukit Tinggi yang diproduksi dari daerah lain seperti Payakumbuh. Bahan utama yang digunakan adalah tepung ubi, ubi singkong yang dipilih kemudian diparut hingga menjadi tepung dan dicampurkan dengan bumbu bawang putih, kunyit, garam, merica dan lain sebagainya. Adonan Karak kaliang dicetak membentuk angka delapan dengan dua ukuran yaitu ukuran sebesar ibu jari dan ukuran kecil sebesar jari kelingking orang dewasa. 
6.Arai Pinang - Arai Pinang merupakan kue yang selalu ada pada saat lebaran khas minang. Kue ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh bagi anda yang sedang berwisata ke Sumatera Barat, karena rasa kue yang satu ini sangat gurih, renyak dan beraroma minyak kelapa. Bahan utama kue ini adalah tepung beras, garam serta kapur sirih. Membuatnya pun sangat mudah
Minuman
1. Es tebak Es Tebak adalah es campur Minang yg terdiri dari : potongan nangka , kolang kaling, cincau, kelapa muda, tape singkong dan TEBAK itu sendiri , yg dibuat dari campuran tepung beras yg dimasak seperti cendol dan dibentuk seperti mie . Disiram dengan kuah santan yg legit , ditambah sirop merah dan susu kental manis dan Es serut diatasnya.
2.Teh Talua - Minuman yang terdiri dari kombinasi Teh yang dicampur dengan Telor ini, merupakan minuman favorit khususnya untuk kaum Adam. Karena setelah minum Teh Talua, badan yang tadinya letih lesu selepas bekerja dari rutinitas, akan kembali segar dan bersemangat. Minuman ini dapat dengan mudah ditemui di kedai, warung kopi maupun rumah makan yang ada disetiap daerah Sumatera Barat.

3.Jus Pinang - Sama halnya dengan Teh Talua, Jus Pinang Muda banyak digemari oleh kaum Adam. Berkhasiat bagi kesehatan dan menambah stamina adalah alasannya. Beberapa penjual Jus Pinang Muda mengkreasikan jus ini dengan menambahkan telor serta susu plus madu. Untuk menambah rasa hangat, kadang mereka menambah potongan jahe kedalam jus. 
4.Aia Kawa atau Kawa Daun - merupakan minuman yang terbuat dari daun kopi yang diseduh dengan air panas, layaknya sebuah teh. Sejarah Kawa Daun dimulai pada zaman Belanda. Tepatnya disaat kegiatan tanam paksa. Pada saat itu, penduduk Sumatera Barat dilarang menikmati biji kopi untuk konsumsi pribadi. Meskipun mereka dipaksa menanamnya untuk kepentingan perdagangan Belanda. Untuk memenuhi keinginan minum kopi, maka dijadikanlah dedaunan kopi sebagai pengganti biji kopi yang masih dipercaya mengandung zat cafein.
5. Aia Aka - Minuman yang satu ini berbahan dasar daun Cincau Hijau atau dalam bahasa latinnya disebut Cylea Barbata Myers. Aia Aka atau Aia Kacang alias Air Kacang memiliki bentuk layaknya cendol dan bertekstur kenyal layaknya agar-agar. Disebut seperti cendol, karena saat menikmati Aia Aka, penjual sering kali mencampurnya dengan air santan, sehingga tampilannya menyerupai Cendol.
6.Es Durian - Es Durian merupakan es yang terdiri dari campuran cincau hitam, kelapa muda dan bubur pacar serta es yang diserut. Tak lupa pula, kucuran susu kental manis coklat diatasnya. Dan yang pasti adalah durian sebagai bahan utamanya. Es Durian yang paling terkenal di Padang adalah Es Durian Ganti Nan Lamo, yang telah berdiri sejak tahun 1960.

Anda baru saja membaca artikel dengan judul Makanan dan Minuman khas Sumatera Barat, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Administrasi Guru,73,Alat Musik Tradisional,34,Alur Tujuan Pembelajaran,5,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia,1,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris,1,Alur Tujuan Pembelajaran IPAS,1,Alur Tujuan Pembelajaran Matematika,1,Alur Tujuan Pembelajaran PJOK,1,Alur Tujuan Pembelajaran PKN,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Musik,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Rupa,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Tari,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Teater,1,Antivirus,2,Antivirus 2016,2,Antivirus Terbaik,2,App,2,App Android,1,App Review,1,ATP,6,ATP Agama Buddha,1,ATP Agama Hindu,1,ATP Agama Islam,1,ATP Agama Katolik,1,ATP Agama Konghucu,1,ATP Agama Kristen,1,ATP Bahasa Indonesia,1,ATP Bahasa Inggris,1,ATP IPAS,1,ATP Matematika,1,ATP PJOK,1,ATP PKN,1,ATP Seni Musik,1,ATP Seni Rupa,1,ATP Seni Tari,1,ATP Seni Teater,1,Bahasa Indonesia,1,Bahasa Inggris,2,Basis Data,4,Batik,2,Berita Rekomendasi,17,Blog,11,Blogspot,6,Brainware,1,Budaya Dunia,1,Budaya Indonesia,143,Burung,19,Cirebon,1,Danau,1,DBMS,3,Domain,4,Email,8,Facebook,1,Fauna Indonesia,19,Film Terbaru 2016,1,Flora dan Fauna Indonesia,11,Game,1,Game Terbaru,1,Geodesi,22,Geografi,26,Geologi,3,Globe,1,Gmail,3,Gunung,1,Hardware,17,HDD,1,Hewan Langka di Indonesia,19,Hiburan,1,Hosting,7,Ilmu Pengetahuan Sosial,19,Ilmu Ukur Tanah,4,Info West Movie,1,Internet,17,IP,2,IPAS,1,IPS,21,Istilah IT,25,IT,28,Jaringan Komputer,16,K13,1,Kelas 1 SD,25,Kelas 2 SD,10,Kelas 3 SD,5,Kelas 4 SD,19,Kelas 5 SD,4,Kelas 6 SD,3,Keyboard,3,Komponen Jaringan Komputer,7,Komputer,28,KTSP,13,Kuliner Nusantara,2,Kurikulum Merdeka,48,Kurikulum K13,11,Lagu Daerah,20,LCD,2,LED,2,Linkedin,1,Makanan Khas Indonesia,9,Malware,2,Mapel Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Mapel Bahasa Indonesia,3,Mapel Bahasa Inggris,1,Mapel IPAS,1,Mapel Matematika,2,Mapel Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,1,Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI),2,Mapel Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti PAK,1,Mapel Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti,1,Mapel PJOK,2,Mapel PPKn,2,Mapel Seni Musik,1,Mapel Seni Rupa,1,Mapel Seni Tari,1,Mapel Seni Teater,1,Matematika,1,Minuman Khas Indonesia,2,Modul,2,Modul Ajar,32,Modul Ajar Agama Hindu Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Modul Ajar Agama Konghucu Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia,3,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Inggris,1,Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD,2,Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Kurikulum Merdeka,23,Modul Ajar Matematika,2,Modul Ajar Matematika Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PAI,2,Modul Ajar PAI Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PAK,1,Modul Ajar PAK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK,2,Modul Ajar PJOK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PPKn,1,Modul Ajar PPKn Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PPKn Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Seni Musik,2,Modul Ajar Seni Rupa,2,Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Tari,2,Modul Ajar Seni Tari Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Teater,1,Modul Ajar Seni Teater Kelas 1 SD,1,Mouse,2,New Info,18,Obyek Wisata,2,P3K,3,Pahlawan Nasional,1,Pahlawan Wanita,1,Pakaian Adat,11,Pembelajaran,1,Pendidikan Agama Buddha,1,Pendidikan Agama Hindu,1,Pendidikan Agama Islam,1,Pendidikan Agama Katolik,2,Pendidikan Agama Konghucu,2,Pendidikan Agama Kristen,2,Perangkat Keras Komputer,14,Perangkat Komputer,14,Peta,9,PJOK,1,PKN,1,PPPK,3,Promes dan KKM,1,Prota,3,Prota PAI SD KTSP,3,Prota Tematik SD KTSP,3,Protokol Jaringan,1,Provinsi Bali,3,Provinsi Bangka Belitung,2,Provinsi Banten,3,Provinsi Bengkulu,2,Provinsi DI Yogyakarta,3,Provinsi DKI Jakarta,13,Provinsi Gorontalo,2,Provinsi Jambi,4,Provinsi Jawa Barat,3,Provinsi Jawa Tengah,2,Provinsi Jawa Timur,2,Provinsi Kalimantan Barat,2,Provinsi Kalimantan Selatan,2,Provinsi Kalimantan Tengah,2,Provinsi Kalimantan Timur,2,Provinsi Kalimantan Utara,2,Provinsi Kepulauan Riau,3,Provinsi Lampung,1,Provinsi Maluku,2,Provinsi Maluku Utara,2,Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam,26,Provinsi NTB,2,Provinsi NTT,2,Provinsi Papua,2,Provinsi Papua Barat,2,Provinsi Riau,10,Provinsi Sulawesi Barat,2,Provinsi Sulawesi Selatan,2,Provinsi Sulawesi Tengah,2,Provinsi Sulawesi Tenggara,2,Provinsi Sulawesi Utara,3,Provinsi Sumatera Barat,24,Provinsi Sumatera Selatan,5,RAM,1,Rekomendasi Antivirus,2,Rekomendasi Film,1,ROM,1,RPP dan Silabus,8,RPP K13,4,Rumah Adat,9,Security,3,Sejarah,2,Seni Musik,1,Seni Rupa,1,Seni Sastra,2,SeniTari,1,SeniTeater,2,Senjata tradisional,8,SIG ( Sistem Informasi geografi),9,Silabus K13,1,Simbol Peta,2,SK,1,Skala Peta,1,SmartPhone,4,Soal Latihan,1,Software,2,Sosial Masyarakat.,2,Sosial Media,6,Storage device,2,Suku Provinsi Aceh,1,Sumatera Utara,8,Sungai,1,Taman Nasional,12,Tari Topeng,1,Tarian Adat,21,Tarian Provinsi Aceh,11,Tips & Trik,16,Topologi Jaringan,2,Twitter,1,UMKM,1,Upacara Adat,4,Virus Komputer,2,Website,9,Worm,2,Yahoo,5,
ltr
item
DTECHNOINDO: Makanan dan Minuman khas Sumatera Barat
Makanan dan Minuman khas Sumatera Barat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSRzpg2XhwRL6rLCTiGuwlYuiZd1PACG51iAo_Fbjv7yhPESjC077L7F9e7FFmrds4k1zHsQb-5_FECdmY_3Q7QgZbFoBZDYeiYsCHZS39lT-7g-y3rUKVzSfyX6iuAEgZdQkYqK3p_c4/s1600/Aneka+Masakan+dan+Minuman+khas+Sumatera+Barat%2540dtechnoindo.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSRzpg2XhwRL6rLCTiGuwlYuiZd1PACG51iAo_Fbjv7yhPESjC077L7F9e7FFmrds4k1zHsQb-5_FECdmY_3Q7QgZbFoBZDYeiYsCHZS39lT-7g-y3rUKVzSfyX6iuAEgZdQkYqK3p_c4/s72-c/Aneka+Masakan+dan+Minuman+khas+Sumatera+Barat%2540dtechnoindo.jpg
DTECHNOINDO
https://dtechnoindo.blogspot.com/2017/11/makanan-dan-minuman-khas-sumatera-barat.html
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/2017/11/makanan-dan-minuman-khas-sumatera-barat.html
true
6671659477346282417
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content