$type=ticker$cols=4

Tari Ratéb Meuseukat Tarian Tradisional Provinsi Aceh

Tari Ratéb Meuseukat Tarian Tradisional Provinsi Aceh Tari Ratéb Meuseukat merupakan salah satu tarian Aceh yang berasal dari Provin...

Tari Ratéb Meuseukat Tarian Tradisional Provinsi Aceh
Tari Ratéb Meuseukat merupakan salah satu tarian Aceh yang berasal dari Provinsi Aceh. Nama Ratéb Meuseukat berasal dari bahasa Arab yaitu ratéb asal kata ratib artinya ibadat dan meuseukat asal kata sakat yang berarti diam.

Tari Ratéb Meuseukat ini diciptakan gerak dan gayanya oleh anak Teungku Abdurrahim alias Habib Seunagan (Nagan Raya), sedangkan syair atau ratéb-nya diciptakan oleh Teungku Chik di Kala, seorang ulama di Seunagan, yang hidup pada abad ke XIX. Isi dan kandungan syairnya terdiri dari sanjungan dan puji-pujian kepada Allah dan sanjungan kepada Nabi, dimainkan oleh sejumlah perempuan dengan pakaian adat Aceh. Tari ini banyak berkembang di Meudang Ara Rumoh Baro di kabupaten Aceh Barat Daya.

Saat ini, tari ini merupakan tari yang paling terkenal di Indonesia. Hal ini dikarenakan keindahan, kedinamisan dan kecepatan gerakannya. Tari ini sangat sering disalahartikan sebagai tari Saman dari suku Gayo. Padahal antara kedua tari ini terdapat perbedaan yang sangat jelas. Perbedaan utama antara tari Ratéb Meuseukat dengan tari Saman ada 3 yaitu,
  1. Tari Saman menggunakan bahasa Gayo, sedangkan tari Ratéb Meuseukat menggunakan bahasa Aceh
  2. Tari Saman dibawakan oleh laki-laki, sedangkan tari Ratéb Meuseukat dibawakan oleh perempuan
  3. Tari Saman tidak diiringi oleh alat musik, sedangkan tari Ratéb Meuseukat diiringi oleh alat musik, yaitu rapa’i dan geundrang.
Keterkenalan tarian ini seperti saat ini tidak lepas dari peran salah seorang tokoh yang memperkenalkan tarian ini di pulau Jawa yaitu Marzuki Hasan atau biasa disapa Pak Uki.
Tari Rateb Meuseukat adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Aceh. Tarian ini biasanya ditarikan oleh para penari wanita dengan posisi duduk dan memainkan gerakan tangan yang cepat sebagai ciri khasnya. Tarian ini memang sekilas hampir mirip dengan Tari Saman, namun yang membedakan adalah gerakan, syair lagu, pengiring, dan penarinya. Tari Rateb Meuseukat merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di Aceh dan sering ditampilkan di berbagai acara seperti acara adat, perayaan, dan acara budaya.
Sejarah Tari Rateb Meuseukat
Menurut sejarahnya, tari meuseukat pertama kali diciptakan gerak dan gayanya oleh anak Teungku Abdurrahim alias Habib Seunagan (Nagan Raya). sedangkan syair atau ratéb-nya diciptakan oleh Teungku Chik di Kala, yaitu seorang ulama di Saunagan yang hidup pada abad ke XIX. Pada mulanya Tari Rateb Meuseukat ini digunakan sebagai media dakwah yang sering ditampilkan atau dimainkan setelah para pelajar selesai mengaji pada malam hari.

Tari Rateb Meuseukat ini awalnya banyak berkembang di daerah Meudang Ara Rumoh Baro, di kabupaten Aceh Barat Daya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tarian ini mulai berkembang dan mulai dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, tarian ini juga mulai sering ditampilkan di berbagai acara seperti upacara keagamaan, upacara adat, acara budaya, dan lain-lain.

Fungsi Dan Makna Tari Rateb Meuseukat.
Tari Rateb Meuseukat dulunya difungsikan sebagai media dakwah, namun tarian ini kemudian mulai berkembang dan juga difungsikan sebagai tarian pertunjukan. Walaupun begitu, unsur dan nilai-nilai agama juga masih tetap dipertahankan, bahkan menjadi ciri khas tarian ini. Tari Rateb Meuseukat ini dimaknai sebagai pujian terhadap Tuhan dan ungkapan rasa syukur atas apa yang tuhan berikan kepada mereka. Hal ini juga sangat terlihat dari syair-syair dan gerakan mereka saat menari.

Pertunjukan Tari Rateb Meuseukat
Tari Rateb Meuseukat biasanya ditampilkan oleh para penari wanita. Untuk jumlah penari, biasanya terdiri dari 6- 12 orang penari dan 2 orang beperan sebagai pelantun syair. Dalam pertunjukannya, para penari menggunakan busana adat dan menari dengan gerakannya yang khas diiringi oleh musik pengiring dan lantunan syair yang dibawakan oleh pengiring vocal atau pelantun syair.

Gerakan dalam Tari Rateb Meuseukat ini biasanya didominasi oleh gerakan tangan para penari. Selain itu diselingi juga dengan gerakan kepala, dan bahu saat menoleh kekanan dan kekiri. Gerakan-gerakan tersebut dimainkan dengan posisi duduk, yang menjadi salah satu ciri khas tarian ini. Banyak juga yang mengatakan, bahwa tarian ini hampir mirip dengan Tari Saman, namun yang membedakan  terutama adalah, para penarinya, bahasa syair, gerakan, dan musik pengiring.

Pengiring Tari Rateb Meuseukat
Dalam pertunjukannya, Tari Rateb Meuseukat biasanya diiringi oleh musik tradisional seperti Rapa’i dan Geundrang. Selain itu, tarian ini juga diiringi oleh lantunan syair yang dibawakan oleh pengiring vokal. Lantunan ini berisi tentang sanjungan serta pujian-pujian terhadap Tuhan yang dibawakan dengan bahasa asli masyarakat Aceh.

Syair Tari Rateb Meuseukat.

( Hanya dinyanyikan oleh Syekh)
Salamualaikum, jame baro troh
Tamong jak piyoh duk ateuh tika
Salam kamoe bi beugeut neu sambot
Bek le neubi rot uluwa tika 2b
( Hanya dinyanyikan oleh Syekh)
Karena saleum Nabi kheun sunat
Jaroe tamumat syarat mulia
Mulia wareh ranup lam puan
Mulia rakan mameh suara 2b
( 2 bait syair diatas merupakan salam sambutan untuk para tamu undangan)
( Dinyanyikan oleh Syekh kemudian didikuti  Saur oleh seluruh penari)
Salamualaikum, mandum rakan disino
Nyompat kamoe nyoe
Nyompat kamoe nyoe jame ban teuka
Assalamu’a assalamualaikum, bapak di
Bapak disino. Pemeuah, pemeuah kamo
Jame ban, jame ban teuka
( Dinyanyikan oleh Syekh kemudian didikuti  Saur oleh seluruh penari)
Bismillah awailon peu phon
Lon keun suroh asaibak mula
Krue seumangat putik oh sukun
Kareut dalam oen han meupat tanda
( Dinyanyikan oleh Syekh kemudian didikuti  Saur oleh seluruh penari)
Nyawong getanyoe didalam badan
Barang pinjaman siat Tuhan bre
Oh trok bak wate ka gecko pulang
Nyawong lam badan Tuhan peu cre bre
Be ingat ingat bacut ngen tubuh
Aleh pajan troh nyawong geuhila
Meusaleh uro meusaleh malam
Nyawong lam badan Tuhan peucre bre 2b
(  Lirik ini berisi pesan kepada kita agar kita selalu ingat bahwa nyawa yang ada didalam tubuh kita saat ini adalah pemberian Tuhan Allah SWT. Bahwa nyawa kita itu hanya dipinjamkan sebentar dan dapat diambil kembali sewaktu waktu)

 ( Hanya dinyanyikan oleh Syekh, penari hanya menjawab bagian yang didalam kurung)
Salallahu’ala nabi  ( Ya Nabi)
Salallahu’ala rasul ( ya Rasul)
Salallah’ala habibi,
nabi Muhammad afdhali rasul
Bukon sayang lon kalon nuri
Kaji menari dikuta banda
Bak uronyo kamoe peturi
aneuk penari yang cedah rupa 
( Hanya Saur)
Jannatun salim janatun
Jannatun salima  ya salim
Sifat maot geu tuba cuba
Macam macam jiteuka gempa
( Dinyanyikan oleh Syekh kemudian didikuti  Saur oleh seluruh penari)
Nanggroe Aceh nyoe tempat lon lahee
Bah ujung pantee Pulau Sumatra
Dile baro kon lam karu sabe
Jino hana le aman sentosa
( lirik ini menceritakan tentang Aceh. Aceh dulu dijajah dan dalam masa peperangan )
 ( Dinyanyikan oleh Syekh kemudian didikuti  Saur oleh seluruh penari)
Lam burak burak meunari burak meunari
Diateuh ateuh rung gunong
Lam bak lam bak cabeung bugong
Di ateuh ateuh rung goa, ateuh rung goa 
( Dinyanyikan oleh Syekh kemudian didikuti  Saur oleh seluruh penari)
Dodaidi hay si dodaidang
Selayang balang kaputuh talo
Berijang rayeuk hay bantar seudang
Jak tulung prang musuh Nanggroe
( Orang tua zaman dahulu meninabobokkan anaknya dengan lagu ini. Dalam lagu ini juga berisi pesan pesan untuk anaknya kelak)

 (Hanya dinyanyikan oleh Syekh)
Assalamualaikum, bandum rakan disino
Peu izin kamoe, peu izin kamoe meujak meugisah
( Penutup lagu berupa salam dan meminta izin untuk mengakhiri tarian)

Kostum Tari Rateb Meuseukat
Kostum yang digunakan dalam pertunjukan Tari Rateb Meuseukat biasanya adalah pakaian adat. Para penari biasanya menggunakan pakaian seperti baju kemeja putri, celana panjang, dan kain sarong yang dikenakan dipinggang. Pada bagian kepala biasanya ditutup dengan hijab dan dihias dengan ikat kepala serta bunga-bunga sebagai pemanis. Untuk warna kostum Tari Rateb Meuseukat ini biasanya berwarna warni, terutama warna cerah seperti kuning, merah muda, hijau muda dan biru muda.

Perkembangan Tari Rateb Meuseukat
Dalam perkembangannya, tari meuseukat masih terus dilestarikan dan dikemabangkan hingga sekarang. Berbagai kreasi dan variasi dalam segi gerak, kostum, dan musik pengiring juga sering ditambahkan di setiap pertunjukannya. Hal ini tentu dilakukan agar terlihat menarik, namun tidak menghilangkan ciri khas, keaslian, dan nilai-nilai didalamnya.

Tari Rateb Meuseukat kini tidak hanya ditampilkan sebagai media dakwah saja, namun juga sering ditampilkan di berbagai acara seperti, acara keagamaan, acara perayaan hari besar, dan acara adat. Selain itu tarian ini juga sering ditampilkan di berbagai acara seni dan budaya seperti, pertunjukan seni, festival daerah, dan acara budaya lainnya.

Anda baru saja membaca artikel dengan judul Tari Ratéb Meuseukat Tarian Tradisional Provinsi Aceh, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Administrasi Guru,73,Alat Musik Tradisional,34,Alur Tujuan Pembelajaran,5,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia,1,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris,1,Alur Tujuan Pembelajaran IPAS,1,Alur Tujuan Pembelajaran Matematika,1,Alur Tujuan Pembelajaran PJOK,1,Alur Tujuan Pembelajaran PKN,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Musik,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Rupa,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Tari,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Teater,1,Antivirus,2,Antivirus 2016,2,Antivirus Terbaik,2,App,2,App Android,1,App Review,1,ATP,6,ATP Agama Buddha,1,ATP Agama Hindu,1,ATP Agama Islam,1,ATP Agama Katolik,1,ATP Agama Konghucu,1,ATP Agama Kristen,1,ATP Bahasa Indonesia,1,ATP Bahasa Inggris,1,ATP IPAS,1,ATP Matematika,1,ATP PJOK,1,ATP PKN,1,ATP Seni Musik,1,ATP Seni Rupa,1,ATP Seni Tari,1,ATP Seni Teater,1,Bahasa Indonesia,1,Bahasa Inggris,2,Basis Data,4,Batik,2,Berita Rekomendasi,17,Blog,11,Blogspot,6,Brainware,1,Budaya Dunia,1,Budaya Indonesia,143,Burung,19,Cirebon,1,Danau,1,DBMS,3,Domain,4,Email,8,Facebook,1,Fauna Indonesia,19,Film Terbaru 2016,1,Flora dan Fauna Indonesia,11,Game,1,Game Terbaru,1,Geodesi,22,Geografi,26,Geologi,3,Globe,1,Gmail,3,Gunung,1,Hardware,17,HDD,1,Hewan Langka di Indonesia,19,Hiburan,1,Hosting,7,Ilmu Pengetahuan Sosial,19,Ilmu Ukur Tanah,4,Info West Movie,1,Internet,17,IP,2,IPAS,1,IPS,21,Istilah IT,25,IT,28,Jaringan Komputer,16,K13,1,Kelas 1 SD,25,Kelas 2 SD,10,Kelas 3 SD,5,Kelas 4 SD,19,Kelas 5 SD,4,Kelas 6 SD,3,Keyboard,3,Komponen Jaringan Komputer,7,Komputer,28,KTSP,13,Kuliner Nusantara,2,Kurikulum Merdeka,48,Kurikulum K13,11,Lagu Daerah,20,LCD,2,LED,2,Linkedin,1,Makanan Khas Indonesia,9,Malware,2,Mapel Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Mapel Bahasa Indonesia,3,Mapel Bahasa Inggris,1,Mapel IPAS,1,Mapel Matematika,2,Mapel Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,1,Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI),2,Mapel Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti PAK,1,Mapel Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti,1,Mapel PJOK,2,Mapel PPKn,2,Mapel Seni Musik,1,Mapel Seni Rupa,1,Mapel Seni Tari,1,Mapel Seni Teater,1,Matematika,1,Minuman Khas Indonesia,2,Modul,2,Modul Ajar,32,Modul Ajar Agama Hindu Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Modul Ajar Agama Konghucu Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia,3,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Inggris,1,Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD,2,Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Kurikulum Merdeka,23,Modul Ajar Matematika,2,Modul Ajar Matematika Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PAI,2,Modul Ajar PAI Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PAK,1,Modul Ajar PAK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK,2,Modul Ajar PJOK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PPKn,1,Modul Ajar PPKn Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PPKn Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Seni Musik,2,Modul Ajar Seni Rupa,2,Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Tari,2,Modul Ajar Seni Tari Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Teater,1,Modul Ajar Seni Teater Kelas 1 SD,1,Mouse,2,New Info,18,Obyek Wisata,2,P3K,3,Pahlawan Nasional,1,Pahlawan Wanita,1,Pakaian Adat,11,Pembelajaran,1,Pendidikan Agama Buddha,1,Pendidikan Agama Hindu,1,Pendidikan Agama Islam,1,Pendidikan Agama Katolik,2,Pendidikan Agama Konghucu,2,Pendidikan Agama Kristen,2,Perangkat Keras Komputer,14,Perangkat Komputer,14,Peta,9,PJOK,1,PKN,1,PPPK,3,Promes dan KKM,1,Prota,3,Prota PAI SD KTSP,3,Prota Tematik SD KTSP,3,Protokol Jaringan,1,Provinsi Bali,3,Provinsi Bangka Belitung,2,Provinsi Banten,3,Provinsi Bengkulu,2,Provinsi DI Yogyakarta,3,Provinsi DKI Jakarta,13,Provinsi Gorontalo,2,Provinsi Jambi,4,Provinsi Jawa Barat,3,Provinsi Jawa Tengah,2,Provinsi Jawa Timur,2,Provinsi Kalimantan Barat,2,Provinsi Kalimantan Selatan,2,Provinsi Kalimantan Tengah,2,Provinsi Kalimantan Timur,2,Provinsi Kalimantan Utara,2,Provinsi Kepulauan Riau,3,Provinsi Lampung,1,Provinsi Maluku,2,Provinsi Maluku Utara,2,Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam,26,Provinsi NTB,2,Provinsi NTT,2,Provinsi Papua,2,Provinsi Papua Barat,2,Provinsi Riau,10,Provinsi Sulawesi Barat,2,Provinsi Sulawesi Selatan,2,Provinsi Sulawesi Tengah,2,Provinsi Sulawesi Tenggara,2,Provinsi Sulawesi Utara,3,Provinsi Sumatera Barat,24,Provinsi Sumatera Selatan,5,RAM,1,Rekomendasi Antivirus,2,Rekomendasi Film,1,ROM,1,RPP dan Silabus,8,RPP K13,4,Rumah Adat,9,Security,3,Sejarah,2,Seni Musik,1,Seni Rupa,1,Seni Sastra,2,SeniTari,1,SeniTeater,2,Senjata tradisional,8,SIG ( Sistem Informasi geografi),9,Silabus K13,1,Simbol Peta,2,SK,1,Skala Peta,1,SmartPhone,4,Soal Latihan,1,Software,2,Sosial Masyarakat.,2,Sosial Media,6,Storage device,2,Suku Provinsi Aceh,1,Sumatera Utara,8,Sungai,1,Taman Nasional,12,Tari Topeng,1,Tarian Adat,21,Tarian Provinsi Aceh,11,Tips & Trik,16,Topologi Jaringan,2,Twitter,1,UMKM,1,Upacara Adat,4,Virus Komputer,2,Website,9,Worm,2,Yahoo,5,
ltr
item
DTECHNOINDO: Tari Ratéb Meuseukat Tarian Tradisional Provinsi Aceh
Tari Ratéb Meuseukat Tarian Tradisional Provinsi Aceh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcsFaLNGUN3SOo90604WVj-NrsrU3tEGZbrEEPiYkRY29Y_bFcvbY6r2-xnXEOW_XsjaugygRd4JdWEZr0w0rvh0VyUgkaSUwTh6tYur5BcXSFDkHqSgoXT67ZLp1TJiHaosw6SaPt00Y/s1600/Tari+Rat%25C3%25A9b+Meuseukat+-+Provinsi+Aceh%2540+DTECHNOINDO.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcsFaLNGUN3SOo90604WVj-NrsrU3tEGZbrEEPiYkRY29Y_bFcvbY6r2-xnXEOW_XsjaugygRd4JdWEZr0w0rvh0VyUgkaSUwTh6tYur5BcXSFDkHqSgoXT67ZLp1TJiHaosw6SaPt00Y/s72-c/Tari+Rat%25C3%25A9b+Meuseukat+-+Provinsi+Aceh%2540+DTECHNOINDO.jpg
DTECHNOINDO
https://dtechnoindo.blogspot.com/2018/09/tari-rateb-meuseukat-tarian-tradisional.html
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/2018/09/tari-rateb-meuseukat-tarian-tradisional.html
true
6671659477346282417
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content