Tari Ratoh Duek (Ratoh Jaroe) Tarian Tradisional Provinsi Aceh Tari Ratoh Duek atau yang sekarang lebih dikenal dengan tari Ratoh Jaro...
Tari Ratoh Duek (Ratoh Jaroe) Tarian Tradisional Provinsi Aceh
Tari Ratoh Duek atau yang sekarang lebih dikenal dengan tari Ratoh Jaroe adalah tarian dari provinsi Aceh. Tarian ini dilakukan oleh wanita (dengan jumlah yang genap) dan dikendalikan oleh dua orang syahi . Didampingi irama Islam , unsur-unsur tari terlihat begitu harmonis. Tari ini dibawakan dengan penuh semangat sebagai gambaran tentang interaksi kehidupan sehari-hari dan kekompakan masyarakat Aceh . Hal ini tercermin dalam harmoni antara penari saat mereka bertepuk tangan secara berirama . Tarian ini membutuhkan gerakan tari yang harmonis dan nyanyian , mencerminkan keharmonisan masyarakat Aceh.Opening Ceremony Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Sabtu (18/8/2018) hingga kini menyita perhatian publik, terutama tarian Saman. Ya, banyak orang yang mengira kalau tarian yang menjadi pembuka Asian Games 2018 tersebut adalah Tari asal Aceh, Saman, tapi ternyata bukan.
Ternyata tarian yang dibawakan oleh 1.600 penari perempuan dari SMA se-DKI tersebut adalah Tari Ratoh Duek (Ratoh Jaroe) yang juga berasal dari Aceh. Berbagai penjelasan soal tarian Ratoh Jaroe yang menjadi pembuka di Asian Games 2018 kini pun banyak terlihat di media sosial.
Tarian ini semakin menjadi perbincangan masyarakat karena dibawakan oleh ribuan penari pada pembukaan Asian Games 2018 pada tanggal 18 Agustus lalu.Tari Ratoh Jaroe diciptakan dari gerakan tari tradisional lain yang sudah ada sebelumnya di Aceh. Kabarnya, tarian ini ditujukan kepada masyarakat Aceh yang saat itu sedang mengalami musibah. Dengan harapan, tarian ini dapat mengembalikan semangat masyarakat.
Ketika tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia, maka sejak itu Tari Saman dilarang untuk dibawakan oleh wanita, tari Saman hanya boleh dibawakan oleh para lelaki dengan menggunakan pakaian khas Gayo. Tarian saman yang biasa dimainkan remaja putri di pesisir berubah menjadi Tari Ratoh Duek (Ratoh Jaroe). Dari ratoh duek kemudian berubah lagi menjadi Tari Rateb Meuseukat.
Ratoh Duek atau Saman ?
Tari Saman yang biasa disebut kalangan pelajar di kota besar (khusunya Jakarta) sebagai “Tari Saman” itu sebetulnya adalah Tari Ratoh Duek (Ratoh Jaroe). Kedua tarian ini, Tari Saman dan Tari Ratoh Duek, sebetulnya merupakan dua jenis tari yang sangat berbeda. Jadi sebetulnya, banyak oang yang sudah sangat salah kaprah.
- Tari Saman tidak ditarikan wanita, melainkan hanya pria dengan jumlah ganjil. Sedangkan Tari Tari Ratoh Duek (Ratoh Jaroe) seluruhnya ditarikan wanita dengan jumlah genap.
- Tari Ratoh Duek dikendalikan oleh dua orang syahi (penyanyi syair di luar formasi duduk penari), sedangkan Tari Saman dikendalikan oleh seorang penangkat yang duduk di dalam formasi paling tengah.
- Syair Tari Saman selalu menggunakan Bahasa Gayo, sedangkan syair Tari Ratoh Duek menggunakan Bahasa Aceh.
- Tari Saman dibagi dalam beberapa gerakan atau bagian utama dalam posisi duduk; rengum, dering, salam, uluni lagu, lagu, anakni lagu dan penutup. Rengum merupakan bagian pembuka dari tari berupa auman yang belum berbentuk kata, dering adalah lanjutan auman yang sudah mempunyai kata-kata, salam adalah pemberian salam kepada yang hadir atau orang lain yang dihormati, uluni lagu gerakan lambat sebelum guncang keras, lagu adalah gerakan yang memiliki banyak variasi, dan anakni lagu berupa gerakan ringan yang kadang-kadang terjadi selang-seling. Syair pun dibawakan dalam tiga bagian; sek, redet dan saur. Sek merupakan alunan suara keras yang merdu dengan nada khas, redet adalah syair yang dinyanyikan oleh seorang penari (penangkat) dan saur yang merupakan nyanyian bersama oleh semua penari.
- Ratoh Duek ditarikan dalam bentuk yang lebih sederhana. Maksudnya, gerakan dalam posisi duduk hanya terdiri dari gerakan tangan menepuk dada dan paha, gelengan kepala ke kanan dan ke kiri, gerakan duduk dan berlutut serta mempersilangkan jari dengan penari di sebelahnya yang dilakukan dengan urutan yang lebih fleksibel, dapat berubah dan dikreasikan sewaktu-waktu. Namun demikian, tari selalu dibuka dengan salam. Syair pun hanya dinyanyikan sebagaimana biasa tanpa ada bentuk gumaman. Syair yang dibawakan hanya berupa nyanyian yang dibawakan oleh syahi dan kemudian disahut dan diikuti oleh seluruh penari lainnya.
- Hal lain yang membedakan Tari Saman dengan Tari Ratoh Duek adalah kehadiran musik pengiring. Tari Saman tidak pernah diiringi oleh musik tradisional apa pun, sedangkan Tari Ratoh Duek acap kali ditemani oleh iringan rapai.
- Lebih dari itu, terdapat perbedaan yang mencolok pada kostum. Kostum penari Saman adalah pakaian tradisional Suku Gayo yang disebut baju kantong dengan motif kerawang (pakaian dasar hitam dengan motif warna kuning, merah dan hijau) dan di kepala dipakai bulang teleng yang disertai daun kepies (saat ini sudah sullit ditemukan sehingga sering diganti dengan daun pandan). Tari Saman selalu membuka bulang teleng setelah gerakan mulai kencang dan memakainya kembali setelah selesai.
- Sementara penari Ratoh Duek menggunakan pakaian polos berwarna (bisa merah, kuning, hijau, dan warna lainnya) yang dipadu kain songket Aceh dan ikat kepala yang juga berwarna yang dapat dimodifikasikan atau dikreasikan . Tari Ratoh Duek tidak pernah melepas ikat kepala sejak awal sampai akhir.
Meski berbeda, namun Saman dan Ratoh Jaroe memiliki esensi yang serupa, yakni soal pendidikan, sopan santun, keagamaan, kekompakan, kepahlawanan dan kebersamaan. Kedua tarian tersebut memang lebih sering muncul saat acara adat maupun keagamaan seperti Maulid Nabi Muhammad SAW.Syair Tari Ratoh Duek (Ratoh Jaroe)
Assalamu’alaikum jamee baro troh
Tamoeng, tamoeng jak piyoh u ateuh tika
Assalamu’alaikum jamee baro troh
Tamoeng, tamoeng jak piyoh u ateuh tika
Kareuna, kareuna saleum Nabi kheun sunnah
Jaroe, jaroe tameumat syarat mulia
Kareuna, kareuna saleum Nabi kheun sunnah
Jaroe, jaroe tameumat syarat mulia
Kutidhieng laha ringbet
Kutidhieng laha ringbet, lahembet
Boh teulak tidhieng lahembet, boh teulak tidhieng
Kutidhieng laha ringbet
Kutidhieng laha ringbet, lahembet
Boh teulak tidhieng lahembet, boh teulak tidhieng
Lom reudok, reudok ateuh glee
Lom reudok ateuh glee, hai ujeuen
Ujeuen han jadeh, han jadeh, ujeuen han jadeh
Lom reudok di Aceh
Lom reudok di Aceh, ie raya
Ie raya teuka, hai teuka, ie raya teuka
E ha
Kutidhieng laha ringbet
Kutidhieng laha ringbet, lahembet
Boh teulak tidhieng lahembet, boh teulak tidhieng
Lom reudok, reudok ateuh glee
Lom reudok ateuh glee, hai ujeuen
Ujeuen han jadeh, han jadeh, ujeuen han jadeh
Lom reudok di Aceh
Lom reudok di Aceh, ie raya
Ie raya teuka, hai teuka, ie raya teuka
E ha
Kutidhieng laha ringbet
Kutidhieng laha ringbet, lahembet
Boh teulak tidhieng lahembet, boh teulak tidhieng
Lom reudok, reudok ateuh glee
Lom reudok ateuh glee, hai ujeuen
Ujeuen han jadeh, han jadeh, ujeuen han jadeh
Lom reudok di Aceh
Lom reudok di Aceh, ie raya
Ie raya teuka, hai teuka, ie raya teuka
E ha
Kutidhieng laha ringbet
Kutidhieng laha ringbet, lahembet
Boh teulak tidhieng lahembet, boh teulak tidhieng
Ilaot aron meupuloe
Peuraho wo dua-dua
Hai rakan takayoh jalo
Kataheu ureueng dilua
Hom daile hala bagura
Hom daile hala
Hom daile hala bagura
Hom daile hala
Ilaot aron meupuloe
Peuraho wo dua-dua
Hai rakan takayoh jalo
Kataheu ureueng dilua
Hom daile hala bagura
Hom daile hala
Hom daile hala bagura
Hom daile hala
Ilaot aron meupuloe
Peuraho wo dua-dua
Hai rakan takayoh jalo
Kataheu ureueng dilua
Hom daile hala bagura
Hom daile hala
Hom daile hala bagura
Hom daile hala
Ilaot aron meupuloe
Peuraho wo
He le hom hala, he le hom hala
He le hom hala, he le hom hala
Ya Allah, siwah poe nanggroe bulee jih puteh
Jipoe u sideh, u Aceh raya
Dalam seujarah kalheueh meutuleh
Leupah that areh Iskandar Muda
He le hom hala, he le hom hala
He le hom hala, he le hom hala
Ya Allah, siwah poe nanggroe bulee jih puteh
Jipoe u sideh, u Aceh raya
Dalam seujarah kalheueh meutuleh
Leupah that areh Iskandar Muda
He le hom hala, he le hom hala
He le hom hala, he le hom hala
Ya Allah, siwah poe nanggroe bulee jih puteh
Jipoe u sideh, u Aceh raya
Dalam seujarah kalheueh meutuleh
Leupah that areh Iskandar Muda
He le hom hala, he le hom hala
He le hom hala, he le hom hala
Ya Allah hu
(Hai jala) tun milee hai milee
Jala tun hai jala
Tun mile hai milee jala tun
Hai langet yang lagambong hai meusoe
Boh teugumpang lam gunong
Yang maganyang
Peudata meusoe peudata
Hai jala tun milee hai milee
Jala tun hai jala
Tun mile hai milee jala tun
Hai langet yang lagambong hai meusoe
Boh teugumpang lam gunong
Yang maganyang
Peudata meusoe peudata
Hai jala tun milee hai milee
Jala tun hai jala
Tun mile hai milee jala tun
Hai langet yang lagambong hai meusoe
Boh teugumpang lam gunong
Yang maganyang
Peudata meusoe peudata
Hai jala tun milee hai milee
Jala tun hai jala
Tun mile hai milee jala tun
Rheut ka rheut meunan, nan
Rheut ka rheut meunan, nan
Cok ampon teungku raja
Si jeumpa mirah siulah karheut lam anoe
Rheut ka rheut meunan, nan
Rheut ka rheut meunan, nan
Cok ampon teungku raja
Si jeumpa mirah siulah karheut lam anoe
Rheut ka rheut meunan, nan
Rheut ka rheut meunan, nan
Cok ampon teungku raja
Hai laotsa (otsa)
I la ombak meu… (alon…) alon kapai ji… (ek treun) ek treun meulumba lumba
Hai bacut treuk
Salah bukon sa… (kon sa…) lah lon awai phon salah awai bak gata
Hai laot sa
I la ombak meu…alon kapai ji…ek treun meulumba lumba
Hai bacut treuk
Salah bukon sa…lah lon awai phon salah awai bak gata
Hai laot sa
I la ombak meu…alon kapai ji…ek treun meulumba lumba
Hai bacut treuk
Salah bukon sa…lah lon awai phon salah awai bak gata
Hai laot sa
I la ombak meu…alon kapai ji…ek treun meulumba lumba
Hai bacut treuk
Salah bukon sa…lah lon awai phon salah awai bak gata
Hai laot sa
Amin Allah, hu ya amin
Ureueng mukmin jak lakee, lakee do’a
Berkat rahmat Allah ya amin
Nanggroe Aceh makmu seujahtra
Amin Allah, hu ya amin
Ureueng mukmin jak lakee, lakee do’a
Berkat rahmat Allah ya amin
Nanggroe Aceh makmu seujahtra
Lee, lalee, geutanyoe lalee
Hana jan tathee umu ka tuha
Puteh ngoen janggot, kuneng ngoen misee
Hantoem tacom bee tika mushala
Puteh ngoen janggot, kuneng ngoen misee
Hantoem tacom bee tika mushala
Hantoem tacom bee tika mushala
Hantoem tacom bee tika mushala
Hei
Lalee, lalee, geutanyoe lalee
Hana jan tathee umu ka tuha
Puteh ngoen janggot, kuneng ngoen misee
Hantoem tacom bee tika mushala
Puteh ngoen janggot, kuneng ngoen misee
Hantoem tacom bee tika mushala
Hantoem tacom bee tika mushala
Lalee
He he he tujanlahee
Hidieng hala hai dieng
Hidieng hala hai dieng
Wajala eha ehala
He he he tujanlaheeSetelah kita mengetahui perbedaan kedua tarian ini, diharapkan tidak ada lagi kesalahpahaman mengenai profil keduanya, karena kedua tarian ini jelas berbeda dan mempunyai keunikan yang berbeda pula. Diharapkan, para pelaku seni ini juga mempelajari dan mehami filosofi dan latar belakang tarian yang akan mereka tarikan, tidak hanya sekedar mempelajari gerak tarinya saja. Pada akhirnya, Tari Ratoh Duek akan tetap menjadi Tari Ratoh Duek, dan Tari Saman akan tetap menjadi Tari Saman.
Hidieng hala hai dieng
Hidieng hala hai dieng
Wajala eha ehala
Anda baru saja membaca artikel dengan judul Tari Ratoh Duek (Ratoh Jaroe) Tarian Tradisional Provinsi Aceh, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.
Referensi [1] [2]
COMMENTS