Download ATP PENDIDIKAN PANCASILA [ Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 SD FASE A, B, C 2025] Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan bagian penting dala...
Download ATP PENDIDIKAN PANCASILA [ Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 SD FASE A, B, C 2025]
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan bagian penting dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Di tingkat Sekolah Dasar (SD), ATP disusun untuk membantu guru menyusun pembelajaran yang terarah dan sesuai dengan capaian pembelajaran (CP) yang telah ditentukan oleh pemerintah. Berikut penjelasan lengkap mengenai alur tujuan pembelajaran (ATP) di SD:
✅ 1. Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
ATP adalah susunan atau urutan tujuan pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dari awal sampai akhir dalam satu fase pembelajaran (misalnya Fase A: kelas 1–2, Fase B: kelas 3–4, Fase C: kelas 5–6).
ATP merupakan jembatan antara Capaian Pembelajaran (CP) dengan Tujuan Pembelajaran (TP) di setiap kegiatan belajar.
✅ 2. Tujuan Disusunnya ATP
ATP disusun untuk:
- Memastikan pembelajaran berjalan secara terstruktur dan progresif.
- Membantu guru merancang pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik.
- Menjabarkan CP ke dalam tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan mudah diterapkan.
- Memberikan arah bagi penilaian pembelajaran.
✅ 3. Komponen ATP SD
ATP umumnya mencakup komponen berikut:
Komponen Penjelasan
Fase Tahapan belajar (Fase A, B, atau C untuk SD).
Elemen Aspek atau area utama dalam mata pelajaran (misalnya, Membaca, Menulis, dsb.).
Tujuan Pembelajaran (TP) Kompetensi spesifik yang harus dicapai peserta didik dalam satu atau beberapa kegiatan belajar.
Urutan/alur Disusun secara bertahap, dari yang sederhana ke kompleks.
Indikator/Asesmen Tolok ukur keberhasilan peserta didik dalam mencapai TP.
✅ 4. Contoh Alur ATP Sederhana (Bahasa Indonesia – Kelas 3 SD)
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu memahami teks narasi dan informasi sederhana serta menuliskan pengalaman pribadi.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Minggu ke-1: Mengidentifikasi tokoh dan latar dalam cerita anak.
- Minggu ke-2: Menyusun kembali urutan kejadian dalam cerita.
- Minggu ke-3: Membandingkan tokoh dalam dua cerita berbeda.
- Minggu ke-4: Menulis cerita pendek tentang pengalaman pribadi.
- Alur tersebut mengarah secara progresif dari membaca hingga menulis.
✅ 5. Prinsip Penyusunan ATP
- Berbasis Capaian Pembelajaran (CP).
- Kontekstual dengan kehidupan peserta didik.
- Fleksibel, bisa disesuaikan oleh guru sesuai kebutuhan.
- Integratif, bisa menggabungkan berbagai mata pelajaran (terutama untuk SD dengan pendekatan tematik).
[DOWNLOAD ATP PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 1]
[DOWNLOAD ATP PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 1 REVISI]
[DOWNLOAD ATP PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 2]
[DOWNLOAD ATP PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 2 REVISI]
[DOWNLOAD ATP PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 3]
[DOWNLOAD ATP PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 4]
[DOWNLOAD ATP PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 4 REVISI]
[DOWNLOAD ATP PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 5]
[DOWNLOAD ATP PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 5 REVISI]
[DOWNLOAD ATP PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 6]
COMMENTS