$type=ticker$cols=4

[Rekomedasi] 12 Tips Memilih Hard Disk Eksternal Terbaik

[Rekomedasi] 12 Tips Memilih Hard Disk Eksternal Terbaik M eskipun sejumlah notebook sudah dilengkapi dengan media penyimpanan internal be...

[Rekomedasi] 12 Tips Memilih Hard Disk Eksternal Terbaik

Meskipun sejumlah notebook sudah dilengkapi dengan media penyimpanan internal berkapasitas besar, namun di saat tertentu kehadiran media penyimpanan eksternal kerap dibutuhkan. Media penyimpanan ini biasanya dicari oleh pekerja yang tingkat mobilitasnya tinggi.

Kebutuhan terhadap Hard Disk Drive (HDD) eksternal bagi pengguna laptop semakin hari kian meningkat. 
Namun, memilih hard disk eksternal terbaik bukanlah hal yang mudah karena kamu harus benar-benar memperhatikan kualitasnya agar tidak gampang rusak.

Lantas hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah hard disk eksternal yang baik?

Berikut Tips Memilih Hard Disk Ekternal Terbaik Versi Dtechnoindo

Tips Memilih Hard Disk Eksternal

  • [message]
    • ##check## 1. Kompatibilitas
      • Pastikan hard disk yang hendak dibeli kompatibel dengan Operasi Sistem yang Anda gunakan . Meskipun pada dasarnya seluruh hard disk bisa diformat ulang untuk bekerja dengan semua jenis komputer, namun ada beberapa yang hanya kompatibel dengan Mac atau Windows saja. Sistem operasi OS X dan Windows menggunakan file sistem yang berbeda (HFS+ dan NTFS) sehingga kebanyakan manufaktur juga membuat HDD eksternal khusus untuk kedua platform tersebut. Walaupun OS X dapat membaca file pada hard disk berformat NTFS, namun kamu tidak dapat mengedit atau menulis di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan di sistem operasi mana hard disk tersebut akan digunakan.

  • [message]
    • ##check## 2. Kapasitas
      • Pastikan Anda mengetahui berapa besar dokumen yang nantinya akan tersimpan dalam hard disk eksternal. Jika hendak menyimpan dokumen teks, maka kapasitas megabyte (MB) atau gigabyte (GB) masih cukup memadai. Namun jika data yang disimpan berupa gambar resolusi tinggi, musik, dan video, maka hard disk dengan kapasitas penyimpanan terabyte (TB) layak dipertimbangkan. Ukuran kapasitas penyimpanan juga akan memengaruhi seberapa banyak data dapat tersimpan dalam hard disk.Semisalnya Anda bekerja dalam pembuatan dan pegeditan  file video dan grafis atau bagi anda penggemar Game , kami sarankan untuk memilih Harddisk external dengan kapasitas terbesar yang bisa Anda beli
  • [message]
    • ##check## 3. Kecepatan Rotasi
      • Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kecepatan rotasi dari sebuah piringan hard disk. Pasalnya, hal tersebut sangat mempengaruhi kecepatan menulis serta membaca datanya. Sebuah hard disk yang berputar pada kecepatan 7200 RPM akan menyuguhkan performa yang jauh lebih baik ketimbang hard disk 5400 RPM. Bahkan beberapa hard disk terbaru saat ini sudah mampu berputar pada kecepatan 10.000 RPM. 
  • [message]
    • ##check## 4. Kecepatan Transfer Data
      • Saat Anda membuka data, mendengarkan lagu atau menonton video yang tersimpan dalam hard disk eksternal, maka piringan yang ada di dalamnya akan berputar. Semakin cepat piringan itu berputar, semakin cepat pula komputer dapat menemukan file yang dicari.Umumnya hard disk yang memiliki kecepatan 7.200 RPM akan lebih cepat dibandingkan dengan hard disk yang memiliki kecepatan 5.400 RPM. Untuk hard disk eksternal, Anda hampir tidak akan melihat adanya perbedaan
Berikut ini beberapa Hal yang mempengaruhi Kecepatan Transfer Data pada Hard disk

- Kecepatan putar drive / RPM

RPM merupakan satuan menghitung kecepatan dari sebuah hard disk  dalam memproses data. RPM biasa disebut juga dengan Rotary Per Minute atau Kecepatan Putar Motor memutar piringan hdd dalam 1 menit, semakin besar RPM semakin cepat data akan dihantar atau diproses.

Semisalnya suatu saat Anda  akan membeli hard disk baru untuk eksternal Drive ataupun juga ekstensi Hard Drive pada PC. Perbedaan kecepatan putaran hdd sangat mempengaruhi hasil yang didapat. HDD memiliki kecepatan yang berbeda-beda.Angka yang paling populer adalah 5400 RPM¹  dan 7200 RPM². Dari angka diatas berarti hdd kita memiliki kecepatan [5400 putaran dalam 1 menit] ¹  dan [7200 putaran dalam 1 menit] ².

Jika dibandingkan 2 Hard Disk, 5400 RPM dengan 7200RPM, Hard Disk 7200RPM lebih cepat mengakses banyak data berbanding dengan Hard Disk 5400RPM.

Mengapa RPM berpengaruh terhadap kecepatan pemrosesan data pada Hardisk? Hal ini disebabkan  data pada HDD tersimpan di platter, yang kemudian  dicari dengan memanfaatkan kecepatan putaran platter, jadi makin gede RPM data makin cepat pemrosesan sebuah data.

Lalu apa itu Plater?

Plater merupakan komponen utama Harddisk yang digunakan sebagai tempat menyimpan Data. platter akan dilengkapi dengan track dan sector, ini menyebabkan mengapa sebuah Harddisk kapsitasnya tidak sesuai dengan yang tertera pada  spesifikasinya ( pasti akan lebih sedikit ), karena trac dan sector akan menyimpan ID pengenal untuk Format Harddisk.

- Kerapatan Penyimpanan Data / Data Density

Pengertian density bisa diartikan sebagai kerapatan dalam menyimpan data, sehingga semakin tinggi density yang dimiliki oleh sebuah Harddisk, maka daya tampung yang dimilikinya juga semakin tinggi.(>daya tampung/kapasitas=>Density)

Contoh: Anda membeli 2 buah HDD, satunya 7200RPM sebesar 1/2 TB(500GB), yang kedua juga 7200RPM tetapi isinya 1 TB, Kalau Anda punya budget lebih, tidak salah memilih yang 1 TB, Hal ini dikarenakan nilai density atau kerapatan HDD 1 TB lebih tinggi dibandingkan dengan 1/2 TB(500GB), sehingga performa yang diperoleh pun berbeda walaupun RPM nya sama.

- Besar buffer atau cache

Buffer atau memory cache  hardisk berguna sebagai memory penyimpanan sementara data-data yang hilir mudik dari dan kedalam hardisk. fungsinya untuk memperkecil latensi transfer data akibat lambannya sistem kerja mekanik sebuah hardisk.  besar kecilnya cache memiliki pengaruh yg berbeda-beda untuk tiap jenis data yg di proses.

Semakin besar ukuran buffer, semakin banyak data yang bisa disimpan dan semakin cepat
pengantaran datanya. Namun semakin besar ukuran buffer yang dikemaskan sebuah harddisk portabel, akan semakin mahal pula harga harddisk portabel tersebut.

- Socket/Port UBS 3.0 vs 2.0

Ini buat golongan HDD External, USB 3.0 bisa lebih cepat dari pada 2.0 kalau socket/port ke komputernya juga mendukung (HDD usb 3.0 dicolok ke komputer yg usb 2.0 tidak bakalan lebih cepat dari HDD yg usb 2.0)
  • [message]
    • ##check## 5. Konektivitas
      • Saat ini kebanyakan hard disk menggunakan port USB untuk tersambung ke komputer, yang terdiri dari USB 3.0 dan USB 2.0. USB 3.0 mampu menghadirkan kecepatan 5 Gbps yang jauh lebih cepat ketimbang USB 2.0 sebesar 480 Mbps. Menariknya, USB 3.0 juga tetap dapat digunakan pada komputer yang hanya memiliki port USB 2.0. Terdapat juga hard disk yang menggunakan koneksi lewat port thunderbolt yang mampu menghadirkan kecepatan data dua kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0. Semua laptop dan komputer terbaru dari Apple sudah menyediakan port thunderbolt, dan beberapa laptop Windows juga sudah mulai menyediakannya. Sayangnya, harga hard disk dengan koneksi thunderbolt ini masih sangat mahal untuk saat ini. Selain ketiga konektivitas tersebut, saat ini ada pula HDD eksternal yang dilengkapi dengan koneksi wireless. HDD eksternal yang dilengkapi dengan koneksi tersebut dapat dioperasikan melalui perangkat mobile melalui aplikasi pendukung yang telah disediakan
  • [message]
    • ##check## 6. Pelindung Hard Disk
      • Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cover penutup dari hard disk eksternal tersebut. Jika kamu hanya menggunakannya di rumah atau sekadar dibawa ke sekolah, maka cukuplah hard disk dengan pelindung biasa saja karena harganya lebih murah. Namun jika kamu merupakan seorang petualang, maka tentu saja kamu harus memilih Hard Disk yang ringan dan juga memiliki pelindung yang kuat dari bahan karet atau sejenisnya agar hard disk tersebut tidak mudah rusak ketika terbentur atau terkena guncangan.
  • [message]
    • ##check## 7. Ukuran Hard Disk
      • Salah satu alasan banyak orang membeli hard disk eksternal ialah karena ukurannya yang kecil. Jika kamu membeli hard disk eksternal yang ukurannya besar, tentu akan merepotkan kamu sendiri saat ingin mengaksesnya. Terlebih lagi, hard disk eksternal dengan ukuran besar biasanya membutuhkan daya listrik tersendiri saat ingin menghidupkannya. Ukuran hard disk eksternal yang direkomendasikan untuk kamu beli adalah ukuran 2.5".
  • [message]
    • ##check## 8. Fitur
      • Beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah hard disk di antaranya adalah backup dan juga password protection. Terdapat juga berbagai macam fitur lain yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.
        Saat ini, perkembangan teknologi pada sebuah perangkat HDD eksternal sudah semakin beragam. Beberapa di antaranya telah menyematkan beragam fitur menarik seperti tombol backup, password protection, bahkan dukungan slot SD Card. Ada pula penambahan fitur yang merupakan teknologi terbaru bernama sensor G-Shock yang memiliki kemampuan mengamankan data apabila HDD eksternal mengalami guncangan, serta tersedianya penggunaan skema RAID 0.  Selain itu, beberapa produsen storage juga turut menyertakan beberapa software pendukung yang sudah terdapat didalamnya untuk memenuhi beragam kebutuhan, mulai dari setting backup otomatis, hingga dukungan ke layanan cloud. Berdasarkan fitur-fitur yang telah disebutkan, Anda tentunya bisa memilih fitur mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tentunya harus sesuai juga dengan budget yang dimiliki.
  • [message]
    • ##check## 9. Garansi
      • Garansi adalah salah satu hal yang harus diperhatikan saat membeli hard disk eksternal. Kita tidak akan pernah tahu kapan hard disk eksternal kita rusak. Dengan memiliki jangka waktu garansi yang panjang, tentunya kamu tidak perlu takut saat mengalami kerusakan pada hard disk eksternal.
  • [message]
    • ##check## 10. After Sales
      • After Sales atau tempat servis juga hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya sebelum membeli hard disk eksternal. Membeli sebuah hard disk eksternal dari produsen yang besar, tentu kamu dapat dengan mudah melakukan servis saat hard disk eksternal tersebut rusak.
  • [message]
    • ##check## 11. Harga
      • Setelah kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhkan, kini kamu juga perlu melihat dompet. Hitung kebutuhan data kamu sehingga kamu bisa berhemat beberapa giga dari kapasitas hardisk yang seharusnya kamu beli. Sebagai contoh, HDD WD Black 1TB harganya Rp 1,2 juta yang artinya pergiga berharga Rp 1200. Sedangkan WD Black 2TB harganya Rp 2,2 juta yang artinya pergiga berharga Rp 1100. Sedangkan untuk kapasitas paling tinggi, WD Black 4TB berharga Rp 3,8 juta yang artinya pergiga berharga Rp 925. Jika kamu membandingkannya dengan kapasitas langsung tentu akan mahal, tapi jika kamu hitung tiap giga harganya lebih murah. Jika data kamu lebih penting daripada uang tentu tidak masalah kamu mengambil yang 4TB.
  • [message]
    • ##check## 12. Lebih baik hard disk internal atau eksternal?
      • Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hard disk internal seperti laptop SSHD harus diinstal secara fisik sehingga agak merepotkan karena harus membuka casing laptop atau komputer. Kelebihan lainnya hard disk internal menyediakan penyimpanan internal dengan kecepatan tertinggi. Sementara hard disk eksternal memberikan Anda penyimpanan dengan fleksibilitas yang lebih besar dan tersedia kapan pun Anda membutuhkannya. Kemudahannya untuk terhubung dengan komputer melalui pilihan kabel yang tersedia memungkinkan Anda mengakses data kapan pun tanpa harus direpotkan dengan masalah teknis.
Anda baru saja membaca artikel dengan judul [Rekomedasi] 12 Tips Memilih Hard Disk Eksternal Terbaik , Semoga bermanfaat. Terima kasih

#cara memilih hardisk internal yang bagus #rekomendasi harddisk eksternal terbaik #tips membeli harddisk eksternal

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Administrasi Guru,73,Alat Musik Tradisional,34,Alur Tujuan Pembelajaran,5,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia,1,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris,1,Alur Tujuan Pembelajaran IPAS,1,Alur Tujuan Pembelajaran Matematika,1,Alur Tujuan Pembelajaran PJOK,1,Alur Tujuan Pembelajaran PKN,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Musik,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Rupa,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Tari,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Teater,1,Antivirus,2,Antivirus 2016,2,Antivirus Terbaik,2,App,2,App Android,1,App Review,1,ATP,6,ATP Agama Buddha,1,ATP Agama Hindu,1,ATP Agama Islam,1,ATP Agama Katolik,1,ATP Agama Konghucu,1,ATP Agama Kristen,1,ATP Bahasa Indonesia,1,ATP Bahasa Inggris,1,ATP IPAS,1,ATP Matematika,1,ATP PJOK,1,ATP PKN,1,ATP Seni Musik,1,ATP Seni Rupa,1,ATP Seni Tari,1,ATP Seni Teater,1,Bahasa Indonesia,1,Bahasa Inggris,2,Basis Data,4,Batik,2,Berita Rekomendasi,17,Blog,11,Blogspot,6,Brainware,1,Budaya Dunia,1,Budaya Indonesia,143,Burung,19,Cirebon,1,Danau,1,DBMS,3,Domain,4,Email,8,Facebook,1,Fauna Indonesia,19,Film Terbaru 2016,1,Flora dan Fauna Indonesia,11,Game,1,Game Terbaru,1,Geodesi,22,Geografi,26,Geologi,3,Globe,1,Gmail,3,Gunung,1,Hardware,17,HDD,1,Hewan Langka di Indonesia,19,Hiburan,1,Hosting,7,Ilmu Pengetahuan Sosial,19,Ilmu Ukur Tanah,4,Info West Movie,1,Internet,17,IP,2,IPAS,1,IPS,21,Istilah IT,25,IT,28,Jaringan Komputer,16,K13,1,Kelas 1 SD,25,Kelas 2 SD,10,Kelas 3 SD,5,Kelas 4 SD,19,Kelas 5 SD,4,Kelas 6 SD,3,Keyboard,3,Komponen Jaringan Komputer,7,Komputer,28,KTSP,13,Kuliner Nusantara,2,Kurikulum Merdeka,48,Kurikulum K13,11,Lagu Daerah,20,LCD,2,LED,2,Linkedin,1,Makanan Khas Indonesia,9,Malware,2,Mapel Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Mapel Bahasa Indonesia,3,Mapel Bahasa Inggris,1,Mapel IPAS,1,Mapel Matematika,2,Mapel Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,1,Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI),2,Mapel Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti PAK,1,Mapel Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti,1,Mapel PJOK,2,Mapel PPKn,2,Mapel Seni Musik,1,Mapel Seni Rupa,1,Mapel Seni Tari,1,Mapel Seni Teater,1,Matematika,1,Minuman Khas Indonesia,2,Modul,2,Modul Ajar,32,Modul Ajar Agama Hindu Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Modul Ajar Agama Konghucu Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia,3,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Inggris,1,Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD,2,Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Kurikulum Merdeka,23,Modul Ajar Matematika,2,Modul Ajar Matematika Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PAI,2,Modul Ajar PAI Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PAK,1,Modul Ajar PAK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK,2,Modul Ajar PJOK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PPKn,1,Modul Ajar PPKn Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PPKn Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Seni Musik,2,Modul Ajar Seni Rupa,2,Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Tari,2,Modul Ajar Seni Tari Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Teater,1,Modul Ajar Seni Teater Kelas 1 SD,1,Mouse,2,New Info,18,Obyek Wisata,2,P3K,3,Pahlawan Nasional,1,Pahlawan Wanita,1,Pakaian Adat,11,Pembelajaran,1,Pendidikan Agama Buddha,1,Pendidikan Agama Hindu,1,Pendidikan Agama Islam,1,Pendidikan Agama Katolik,2,Pendidikan Agama Konghucu,2,Pendidikan Agama Kristen,2,Perangkat Keras Komputer,14,Perangkat Komputer,14,Peta,9,PJOK,1,PKN,1,PPPK,3,Promes dan KKM,1,Prota,3,Prota PAI SD KTSP,3,Prota Tematik SD KTSP,3,Protokol Jaringan,1,Provinsi Bali,3,Provinsi Bangka Belitung,2,Provinsi Banten,3,Provinsi Bengkulu,2,Provinsi DI Yogyakarta,3,Provinsi DKI Jakarta,13,Provinsi Gorontalo,2,Provinsi Jambi,4,Provinsi Jawa Barat,3,Provinsi Jawa Tengah,2,Provinsi Jawa Timur,2,Provinsi Kalimantan Barat,2,Provinsi Kalimantan Selatan,2,Provinsi Kalimantan Tengah,2,Provinsi Kalimantan Timur,2,Provinsi Kalimantan Utara,2,Provinsi Kepulauan Riau,3,Provinsi Lampung,1,Provinsi Maluku,2,Provinsi Maluku Utara,2,Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam,26,Provinsi NTB,2,Provinsi NTT,2,Provinsi Papua,2,Provinsi Papua Barat,2,Provinsi Riau,10,Provinsi Sulawesi Barat,2,Provinsi Sulawesi Selatan,2,Provinsi Sulawesi Tengah,2,Provinsi Sulawesi Tenggara,2,Provinsi Sulawesi Utara,3,Provinsi Sumatera Barat,24,Provinsi Sumatera Selatan,5,RAM,1,Rekomendasi Antivirus,2,Rekomendasi Film,1,ROM,1,RPP dan Silabus,8,RPP K13,4,Rumah Adat,9,Security,3,Sejarah,2,Seni Musik,1,Seni Rupa,1,Seni Sastra,2,SeniTari,1,SeniTeater,2,Senjata tradisional,8,SIG ( Sistem Informasi geografi),9,Silabus K13,1,Simbol Peta,2,SK,1,Skala Peta,1,SmartPhone,4,Soal Latihan,1,Software,2,Sosial Masyarakat.,2,Sosial Media,6,Storage device,2,Suku Provinsi Aceh,1,Sumatera Utara,8,Sungai,1,Taman Nasional,12,Tari Topeng,1,Tarian Adat,21,Tarian Provinsi Aceh,11,Tips & Trik,16,Topologi Jaringan,2,Twitter,1,UMKM,1,Upacara Adat,4,Virus Komputer,2,Website,9,Worm,2,Yahoo,5,
ltr
item
DTECHNOINDO: [Rekomedasi] 12 Tips Memilih Hard Disk Eksternal Terbaik
[Rekomedasi] 12 Tips Memilih Hard Disk Eksternal Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjASXVn_NrtycMYr7cdiZoIQN6nWlSvTBcMrG9TyIkE65gj_qbIzLhH5z7nA_VD9cb5gtuoJntmwjdbfiyxh2XR33C09vanD_GfXWW0iw4Z0NjzTxAHfdAU6TDvuD5ijHysF6uo39cGVyo/s1600/12+Tips+Memilih+Hard+Disk+Eksternal+yang+Tidak+Gampang+Rusak.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjASXVn_NrtycMYr7cdiZoIQN6nWlSvTBcMrG9TyIkE65gj_qbIzLhH5z7nA_VD9cb5gtuoJntmwjdbfiyxh2XR33C09vanD_GfXWW0iw4Z0NjzTxAHfdAU6TDvuD5ijHysF6uo39cGVyo/s72-c/12+Tips+Memilih+Hard+Disk+Eksternal+yang+Tidak+Gampang+Rusak.jpg
DTECHNOINDO
https://dtechnoindo.blogspot.com/2016/12/rekomedasi-12-tips-memilih-hard-disk.html
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/2016/12/rekomedasi-12-tips-memilih-hard-disk.html
true
6671659477346282417
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content