Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Katolik SD-SMA Fase A,B,C,D,E dan F Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang SD-SM...
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Katolik SD-SMA Fase A,B,C,D,E dan F
Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang SD-SMA Fase A,B,C,D,E dan F
Alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur Capaian Pembelajaran (CP).
Seperti RPP, namun dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa.
Secara umum, ada dua langkah besar dalam penyusunan perangkat ajar untuk suatu mata pelajaran, yaitu :
Capaian Pembelajaran (ditetapkan oleh pemerintah dan disusun dalam fase-fase)
Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran
Pengembangan Modul Ajar
Konsep Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir fase. CP terdiri dari 6 fase (A-F) atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA). Fase tersebut adalah :
- Fase A (kelas 1 – 2)
- Fase B (kelas 3 – 4)
- Fase C (kelas 5 - 6)
- Fase D (kelas 7- 9)
- Fase E (kelas 10), dan
- Fase F (kelas 11 – 12)
Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP di akhir fase tersebut.
Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP di akhir fase tersebut.Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
Satuan Pendidikan dapat mengembangkan Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) berdasarkan karakteristik satuan, kebutuhan dan minat anak, kondisi lingkungan sekitar, serta keterkaitannya dengan Capaian Pembelajaran (CP), sehingga alur dan tujuan pembelajaran antar-tiap satuan dapat sangat berbeda.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) diturunkan dari Capaian Pembelajaran (CP) yang merupakan elemen-elemen Capaian Pembelajaran (CP) yang dikembangkan pada tiap semester. Alur pembelajaran dianjurkan bersifat fleksibel, agar dapat diganti dan dimodifikasi, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan dan minat anak / berpusat pada peserta didik.
Capaian Umum Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Katolik SD-SMA Fase A,B,C,D,E dan F silahkan unduh pada tautan berikut ini :
Unduh ATP Jenjang SD-SMA Mapel Pendidikan Agama Katolik
COMMENTS