$type=ticker$cols=4

Macam Makanan dan Minuman Khas Provinsi Riau

Macam Makanan Khas Provinsi Riau K ota Pekanbaru adalah kota terbesar yang sekaligus menjadi ibukota provinsi Riau yang terletak di p...

Macam Makanan Khas Provinsi Riau


Kota Pekanbaru adalah kota terbesar yang sekaligus menjadi ibukota provinsi Riau yang terletak di pulau Sumatera, Indonesia. Kota Pekanbaru tak hanya dikenal akan kekayaan minyak buminya, tetapi juga sektor pariwisatanya. Di Pekanbaru terdapat beberapa bangunan dengan arsitektur Melayu yang setiap momen liburan selalu ramai diserbu oleh para wisatawan lokal maupun domestik.

Selain minyak bumi dan sektor pariwisatanya yang tersohor, Pekanbaru juga menawarkan beragam kuliner enak yang sayang untuk dilewatkan oleh para pengunjung. Apabila kamu mempunyai rencana untuk mendatangi kota Pekanbaru atau saat ini sudah berada di Kota Bertuah tidak salahnya anda mencoba beberapa kuliner khas berikut ini :

1. Asam pedas Ikan Baung Riau
Masakan yang satu ini adalah makanan yang lahir atas dasar pengaruh yang dibawa oleh orang-orang melayu di tanah Sumatera. Untuk mengolah asam pedas ikan baung, masyarakat Riau meracik bumbunya dengan menggunakan bermacam rempah-rempah teradisional semisal bawang putih, jahe, bawang merah, lengkuas, kunyit, dan serai. Sementara itu cita rasa asamnya didapat dari penggunaan asam kandis atau air asam Jawa yang digunakan untuk rendaman bumbu-bumbu dan ikan.

Ikan yang dipakai untuk masakan ini adalah ikan baung yang memiliki bentuk mirip dengan ikan lele karena memang ikan ini masih ada kerabat dengan ikan lele. Ikan baung sendiri memiliki tekstur daging lembut padat dan tidak memiliki duri halus dengan warna putih terang. 

2. Gulai Siput
Di setiap daerah yang tersebar di Indonesia, kita bisa dengan mudah mendapati kuliner-kuliner khas yang tak dimiliki oleh daerah lain. Seperti di kepulauan Riau, kamu bisa juga menemukan makanan khas yang menggunakan siput sebagai bahan utamanya. Makanan tersebut adalah gulai siput yang keberadaannya pertama kali ditemukan di kepulauan Riau.

Gulai siput sendiri sebenarnya adalah makanan khas orang Melayu yang tinggal di Riau. Dalam bahasa Melayu makanan khas Riau ini disebut dengan gulai cipuik atau lengkitang. Dikarenakan mengandung unsur melayu, gulai siput dibuat dengan bumbu rempah khas Melayu. Jika selama ini kamu belum pernah mencicip cita rasa dan tekstur daging siput, maka jangan sampai kamu melewatkan gulai siput yang lezat dan unik ini.

3.Ikan Cuka
Ikan memang selalu nikmat disantap dengan apapun cara pengolahannya, entah digoreng, dipanggang, atau diasap. Di Pekanbaru, kamu bisa mencoba kuliner berbahan dasar ikan yakni ikan cuka. Ikan cuka adalah makanan yang berasal dari Riau yang diolah dengan cara digoreng. Setelah ikan selesai digoreng, ikan akan diberikan kuah bernama cuka yang terbuat dari berbagai bahan seperti cabai merah iris, cabai giling, lada, pala, daun jeruk, jahe, garam, gula pasir, dan serai.

Untuk membuat ikan cuka, penduduk Riau biasanya memilih ikan tenggiri. Ikan tenggiri yang dipilih harus yang terbaik dari segi rasa maupun dagingnya. Saat ini ikan cuka sudah banyak dijumpai di daerah-daerah lain karena cita rasanya yang lezat membuat banyak orang Riau yang membagikan resep untuk membuat ikan cuka melalui sosial medianya ataupun situs pribadinya. Tapi kalau kebetulan kamu lagi berada di Riau, rasanya lebih afdol kalau langsung mencoba menu ini di tanah kelahirannya.

4.Gulai Ikan Patin Khas Riau
Gulai Ikan Patin Khas Riau Ada salah satu makanan khas Riau yang sangat terkenal dan juga special. Di Provinsi Riau terkhusus lagi di Pelanbaru, gulai ikan patin ini menjadi makanan yang tidak pernah sepi dari penggemarnya. Alasannya, masakan khas Riau ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan mampuh membuat lidah kamu tak bisa berhenti menyantapnya. Menu gulai ikan patin ini dengan mudah bisa kamu temui di restoran-restoran besar atau ada juga di berbagai warung makan yang tersebar di wilayah kota pekanbaru.

Gulai ikan patin adalah makanan khas Pekanbaru yang memiliki kuah dengan warna kuning pekat untuk merendam potongan-potongan ikan patin. Warga Riau khususnya Pekanbaru umumnya tak Cuma mengkonsumsi ikan patin saja. Ada menu yang medampingi masakan ini yang yang biasa disajikan dikala menikmati gulai ikan patin, yaitu lauk pelengkap, nasi hangat dan berbagai macam jenis sayuran semisal ubi rebus, pucuk daun dan lainnya. Cita rasa gulai ikan patin ini akan lebih lezat lagi jiak saat mengolahnya ditambahkan dengan bunga kecombrang yang memiliki fungsi sebagai penyedap rasa.

5.Nasi Lemak Khas Riau
Makanan Khas Riau yang satu ini biasa juga kita temukan di Malaysia, Brunai Darussalam dan Singapur. Biasanya nasi lemek disajikan untuk menu sarapan masyarakat melayu. Namun Kuliner khas Riau yang satu ini merujuk terhadap nasi yang diolah dengan campuran santan kelapa dan juga daun pandan untuk memberikan rasa yang gurih dan mengeluarkan aroma yang harum.

Pada umunnya nasi lemek ini dihidangkan dengan campuran lauk-pauk semisal telur. Sambal, ikan teri goreng, cabai dan irisan mentimun. Selain adanya lauk pendamping itu, banyak juga nasi lemak yang disajikan bersama tempe, kacang panjang, tahu, sate, kacang tanah, cumi-cumi, daging, ikan, udang, kerang, petai dan limpa. Kalau kamu ada niatan mencicipi nasi lemak ini, banyak tersedia di warung-warung makan Pekanbaru yang menghidangkannya.

6.Bacah Daging
Seperti namanya, makanan khas Riau ini terbuat dari bahan utama daging sapi, sama seperti rendang yang juga menggunakan daging sapi. Dari segi tampilan dan bahan pembuatan, terdapat kemiripan yang sangat kontras dimiliki oleh rendang dan bacah daging. Perbedaannya mungkin hanya sedikit, yakni pada cara menyajikannya. Kalau rendang biasa disantap oleh masyarakat Minang atau Indonesia dengan nasi, bacah daging dihidangkan bersama ketupat. Bukan cuma itu, jika rendang keberadaannya tidak musiman, bacah daging lebih utama muncul pada hari raya Idul Fitri sebagai sajian menu utama di dapur.

7.Gulai Belacan
Di berbagai negara, termasuk Indonesia, udang adalah hewan laut yang seringkali dijadikan bahan utama untuk berbagai masakan. Seperti di Riau, ada makanan berbahan dasar udang yang disajikan dengan kuah yang bercampur santan. Makanan tersebut adalah gulai belacan yang memadukan bahan utama berupa udang dengan bumbu rempah yang udah ditemukan di daerah Riau.

Adapun bumbu rempah yang digunakan untuk membuat gulai belacan antara lain asam jawa, kemiri, dan lada. Yang menarik dari makanan khas Riau ini adalah penggunaan udangnya yang bisa disesuaikan selera. Kamu bisa memilih mau memakan gulai belacan yang menggunakan udang sungai ataupun udang laut. Jika kamu mau menyantap udang yang berukuran besar, maka pilih udang laut. Selain itu kamu juga bisa memilih mau menghidangkannya bersama petai sebagai pelengkap atau tidak.

8. Miso Makanan Khas Riau
Miso atau juga sering disebut mieso merupakan makanan khas Pekanbaru yang sangat mudah kamu dapatkan di berbagai sudut kota Madani. Miso bukan hanya dipekanbaru saja kamu bisa mendapatiannya, melainkan kamu juga bisa mendapatkannya di kota lain yang seperti Madani dan Pekalongan. Perlu kamu ketahui miso merupakan makanan yang memiliki kuah dengan kolaborasi ragam bahan seperti mie putih, mie kuning, tahu kering, suiran ayam, kulit ayam renyah dan ditambahkan juga potongan tulang ayam. 

9. Sate dan Sop Rusa Riau
Untuk kamu yang sudah bosan dengan sajian daging sapi, daging kambing dan daging ayam, kamu wajib mencoba makanan yang ada di pekanbaru ini yaitu sate dan sop rusa dengan bahan dasar daging rusa. Kalau kamu belum pernah menikmati enaknya rasa daging rusa maka wajib untuk mencobanya. Daging rusa yang telah diolah akan diolah kembali menjadi sop atau menjadi sate.Dengan tekstur daging yang enak ditambah juga dengan cita rasa manis dari bumbu mampuh memberikan pengalaman baru untuk kamu yang mungkin pertama kali mencoba danging rusa ini. 

10. Ikan Asap Selais
Kalau di Jakarta, mungkin banyak para ibu yang menjadikan ikan ini sebagai ikan asin karena bentuknya yang pipih dan bertekstur renyah setelah digoreng. Tapi di Pekanbaru, ikan selais diolah dengan cara diasap atau dijadikan pindang maupun gulai. Ikan selais sendiri telah lama menjadi ikon provinsi Riau sehingga tak heran jika ikan ini banyak ditemukan di kota-kota yang berada di provinsi Riau, termasuk Pekanbaru pastinya.

Agar siap dan nikmat disantap, ikan selais perlu diasap selama kurang lebih delapan jam. Setelah diasap, ikan selais akan digoreng, digulai, atau dipindang. Biasanya ikan yang sudah diasap dikemas dalam styrofoam untuk dijual kepada pembeli, khususnya wisatawan. Kalau kamu berniat untuk membeli ikan asap selais, disarankan agar mengolahnya dengan cara digoreng dan nantinya disajikan bersama sambal yang pedas. Pasti nikmat.

11. Mie Sagu
Mendengar nama sagu, mungkin kamu akan teringat Papua yang menjadikan sagu sebagai makanan pokoknya. Di provinsi Riau, ada satu makanan yang merupakan hasil olahan sagu yang menjadi kuliner khas Melayu. Makanan itu adalah mie sagu yang menjadi makanan khas Riau atau tepatnya di daerah Selat Panjang di mana menjadi daerah dengan hasil sagu terbesar di Indonesia.

Mie sagu adalah panganan yang cocok untuk siapa saja, terutama mereka yang menderita diabetes atau sedang menjalankan program diet. Mie berbahan dasar sagu mempunyai tekstur yang kenyal. Untuk penyajiannya, mie sagu akan dihidangkan bersama bahan pelengkap seperti teri, daun kuncai, dan rebusan tauge. Kuliner yang banyak ditemui di Selat Panjang ini kerap dibeli oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh khas Melayu.

12. Sup Tunjang Khas Riau
Kota pekanbaru meiliki cuaca dingin ada sajian yang bisa menghangatkan badan yaitu sup tunjang. Sup tunjang merupakan makanan kahas Riau dengan memiliki kuah yang hangat. Ketika cuaca lagi dingin paling enak menyantap sup tunjang atau sering juga dibilang sup tulang ini. Menyantap semangkuk sup tunjang dan satu porsi nasi hangat bisa sekalian untuk mengisi prut yang lagi lapar.

Ciri khas dari sup tanjung adalah menggunakan bahan dasar dari tulang kaki sapi yang masih terdapat daging-daging yang menempel. Tulang kaki sapi tadi direndam ke dalam kuah bening kekuningan dengan menggunakan bahan pelengkap seperti irisan kentang, tomat, wortel, dan daun bawang.Jahe, kayu manis dan cengkeh. Biasanya sup tunjuang di sajikan, disediakan juga sedotan yang guananya untuk menyedot sumsum yang ada pada tulang kaki sapi.

13. Sate Senapelan
Sate senapelan merupakan sate yang unik karena daging diolah dulu menjadi gulai ikan baru kemudian ditusuk ke dalam lidi dan dipanggang. Rasanya tambah nikmat karena diolah dulu menjadi gulai sehingga bumbunya merasuk ke dalam daging.

14. Mie Lendir
Makanan khas Riau uang satu ini tentunya sangat menggugah selera bukan? Mie yang juga terkenal di Batam ini mempunyai penggemar yang cukup banyak dengan kuah yang kental mirip dengan lendir. Mie lendir terdiri dari mie kuning yang direbus ditambah dengan tauge dan telur rebus. Kuah dari mie lendir ini terbuat dari kacang tanah yang dicampur dengan ubi dan bumbu-bumbu khusus lainnya. Mie lendir biasanya disantap oleh masyarakat Riau di pagi hari sebelum memulai aktifitas.

15. Bolu Kemojo
Bolu Kemojo adalah makanan khas Pekanbaru, yang dipopulerkan kembali oleh ibu Dinawati yaitu pada tahun 1998. Kue Bolu ini sebelumnya hanya dibuat untuk sekedar konsumsi dalam keluarga saja, dan tidak dijual secara komersial apalagi dijual sebagai makanan oleh-oleh kota pekanbaru. Tapi dengan tekad yang kuat untuk menjadikan kue bolu ini sebagi makanan khas riau, dan kemudian beliau merintis membuka gerai pertamanya yang berkantor di Jalan Pelajar, yang sekarang jalan tersebut berubah menjadi Jalan lain. 

16. Roti Jala 
Roti jala adalah makanan yang berasal dari Melayu Sumatera . Biasanya makanan ini disuguhkan bersama kuah kari Melayu. Di Deli makanan ini terkenal disajikan dengan kari kambing dan acar nanas. Menurut budayawan M Muhar Omtatok, roti jala merupakan makanan Melayu yang bisa saja teradaptasi dari unsur India.

17. Roti Canai
Roti canai atau roti jenis leper yang berbentuk bulat ini, merupakan satu makanan kegemaran di Malaysia. Ia dimakan sebagai makanan pagi, tenga hari, petang, dan malam. Sering kali dimakan bersama dengan teh tarik, atau teh ais.Biasanya dihidangkan dengan kuah dal atau parpu atau kari dengan sambal ikan bilis.

Penggunaan perkataan canai dalam bahasa Melayu dibelakang roti adalah hasil dari tingkah laku pencanai roti tersebut dalam meleperkan, menganginkan dan menebar doh roti. Ada juga menyatakan perkataan canai dibelakang roti ini asalnya dari jenis dal yang digunakan bersama roti ini, yakni "Channal". Pada versi yang lain, perkataan canai ini datangnya dari nama bandar Chennai, India disebabkan ramai pencanai roti ini kebanyakkan berasal dari sana pada ketika kebanjiran orang India di Malaysia. Roti canai di India dan Singapura, ia lebih dikenali sebagai roti pratha. Rupa roti pratha dengan roti canai adalah sama dan bentuknya masih lagi bulat.

18. Asidah Cemilan Khas Riau
Menurut sejarah, makana dengan nama asidah dan juga sebagai makanan khas Riau ini terinspirasi dari kudapan, makanan khas Arab yang kemudian dimodifikasi sesuai dengan lidah masyarakat Melayu. Untuk saat ini asidah sudah mulai sulit kita jumpai dan sudah langka dikarenakan sedikitnya pengenalan dari orang tua kepada genarasi muda.

Asidah memiliki tekstur yang lembut dengan cita rasa manis dan gurih yang diakibatkan dari perpaduan cengkeh, pandan, dan kayu manis sebagai bahan untuk perasa alami. Bentuk dari dari cemilan khas Riau ini cantik seperti namanya, ada yang memiliki bentuk bulat, bentuk daun jambu, dan yang sering dicetak adalah dengan bentuk bunga mawar. Biasanya di tambah dengan taburan bawang goreng agar aroma dan rasanya istimewa.

19. Kue Bangkit
Diberi nama kue bangkit karena ukuran dari kue ini setelah matang dan dikeluarkan dari oven akan berukuran dua kali lipat dari ukuran adonan semula. Warna kue bangkit ini putih kekuningan dan kadang dipercantik dengan diberi noktah berwarna merah di atasnya. Tekstur kue bangkit yang sangat halus dan gampang remuk. Kue bangkit akan lumer di dalam mulut dan mempunyai rasa yang renyah ketika dikunyah. Rasanya yang manis ini menjadi daya tarik bagi anak-anak.

20. Lopek Bugi Khas Riau
Kue khas Riau tepatnya dari kabupaten Kampar yang satu ini sudah terkenal di berbagai daerah di nusantara yang dikenal dengan nama lopek bugis. Lopek bugis atau orang Indonesia keumuman menyebutnya lepat ketan awalnya merupakan jajanan khas yang dibuat diperuntukkan kaum bangsawan. Tapi untuk saat ini, cemilan satu ini tidak hanya dihidangkan ileh orang-orang bangsawan, juga oleh masyarakat luas tanpa ada pembatas pangkat atau sebagainya. Kamu bisa dengan mudah menemulan lopek bugis ini ketika kamu lagi berada di Riau.

Lopek bugis ini mudah ditemukan di sekitaran toko oleh-oleh khas Riau atau ada juga di gerai-gerai yang baris berjajar di sepanjang jalan Pekanbaru-Bangkinang. Karena banyaknya peminat dari kue khas Riau ini hampir setiap hari kue lopek bugis ini di produksi dengan sekala banyak. Sayang rasanya ketika kamu lagi berada di Pekanbaru tapi tidak mencicipi kue ini atau membelinya untuk oleh-oleh di rumah.

21. Lempok Durian Riau
Daftar cemilan khas Riau yang lainnya ialah Lempok durian dan cemilan ini wajib untuk kamu coba rasanya. Lempok durian memiliki tekstur seperti dodol yang berbahan dasar dari durian siantan yang dikenal memiliki rasa lezat nan nikmat. Cara membuat lempok durian ini pun masih menggunakan teknik yang diwariskan turun temurun dan masih sederhana. Lempok durian bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko-toko cemilan yang ada di sekitaran kota Letung atau Kota Tarempa Riau.

22. Keripik Nanas Riau
Sesuai dengan namanya, cemilan khas Riau yang satu ini terbuat dari buah nanas atau buah nanas yang terlebih dahulu dijemur untuk setelahnya digoreng. Sekarang keripik nanas ini sudah dikemas dengan kemasan yang modern. Karena memang tujuannya dibuat untuk oleh-oleh khas Riau bagi para wisata yang datang ke Pekanbaru.

23. Es Air Mata Pengantin
Minuman Khas Pekanbaru yang satu ini diberi nama dengan nama Es Air Mata Pengantin yang zaman dulu hanya terdapat ketika acara-acara kebahagiaan, semisal pernikahan. Karena kehadiarannya di tengah-tengah suasana bahagia, es ari mata pengantin ini juga dijuluki dengan nama es air mata bahagia. Bukan hanya kehadirannya yang membuat bahagia, es ini juga memiliki penampilan yang cantik dan rasa yang enak segar dan mampuh menghilangkan rasa dahaga ditenggorokan. Campuran yang ada pada es air mata pengantin ini terdiri dari biji selasih, blewah, sirup, dan es batu serut.

Minuman khas riau ini peling enak di minum ketika cuaca lagi panas. Saat tenggorokan lagi kering, es air mata pengantin ini mampuh menyejukkan tenggorokan yang kering. Minuman ini banyak ditemukan ketika bulan Ramadhan tiba, yang biasanya dibeli untuk hidangan berbuka puasa.

24. Es Laksamana Mengamuk Khas Riau

Es laksamana mengamuk adalah minuman khas Riau sederhana yang dibuat dari campuran potongan buah kuweni, santan dan gula. Es laksamana mengamuk ini meiliki rasa yang manis dipadukan dengan tekstur daging buah kuweni yang lembut.

25. Es Sirup Mak Inang
Es sirup mak Inang merupakan minuman khas Riau yang terdiri dari campuran air juga irisan buah nanas yang dioah mengunakan cara dimasak hingga mendidih. Setelah itu ditambahkan irisan buah apel juga agar-agar. Supaya rasanya lebih nikmat lagi, tambahkan saja sirup jeruk koprok, gula, selasih, dan jangan lupa juga es batu.

Anda baru saja membaca artikel dengan judul Macam Makanan dan Minuman Khas Provinsi Riau, Semoga bermanfaat. Terima kasih.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Administrasi Guru,73,Alat Musik Tradisional,34,Alur Tujuan Pembelajaran,5,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia,1,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris,1,Alur Tujuan Pembelajaran IPAS,1,Alur Tujuan Pembelajaran Matematika,1,Alur Tujuan Pembelajaran PJOK,1,Alur Tujuan Pembelajaran PKN,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Musik,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Rupa,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Tari,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Teater,1,Antivirus,2,Antivirus 2016,2,Antivirus Terbaik,2,App,2,App Android,1,App Review,1,ATP,6,ATP Agama Buddha,1,ATP Agama Hindu,1,ATP Agama Islam,1,ATP Agama Katolik,1,ATP Agama Konghucu,1,ATP Agama Kristen,1,ATP Bahasa Indonesia,1,ATP Bahasa Inggris,1,ATP IPAS,1,ATP Matematika,1,ATP PJOK,1,ATP PKN,1,ATP Seni Musik,1,ATP Seni Rupa,1,ATP Seni Tari,1,ATP Seni Teater,1,Bahasa Indonesia,1,Bahasa Inggris,2,Basis Data,4,Batik,2,Berita Rekomendasi,17,Blog,11,Blogspot,6,Brainware,1,Budaya Dunia,1,Budaya Indonesia,143,Burung,19,Cirebon,1,Danau,1,DBMS,3,Domain,4,Email,8,Facebook,1,Fauna Indonesia,19,Film Terbaru 2016,1,Flora dan Fauna Indonesia,11,Game,1,Game Terbaru,1,Geodesi,22,Geografi,26,Geologi,3,Globe,1,Gmail,3,Gunung,1,Hardware,17,HDD,1,Hewan Langka di Indonesia,19,Hiburan,1,Hosting,7,Ilmu Pengetahuan Sosial,19,Ilmu Ukur Tanah,4,Info West Movie,1,Internet,17,IP,2,IPAS,1,IPS,21,Istilah IT,25,IT,28,Jaringan Komputer,16,K13,1,Kelas 1 SD,25,Kelas 2 SD,10,Kelas 3 SD,5,Kelas 4 SD,19,Kelas 5 SD,4,Kelas 6 SD,3,Keyboard,3,Komponen Jaringan Komputer,7,Komputer,28,KTSP,13,Kuliner Nusantara,2,Kurikulum Merdeka,48,Kurikulum K13,11,Lagu Daerah,20,LCD,2,LED,2,Linkedin,1,Makanan Khas Indonesia,9,Malware,2,Mapel Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Mapel Bahasa Indonesia,3,Mapel Bahasa Inggris,1,Mapel IPAS,1,Mapel Matematika,2,Mapel Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,1,Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI),2,Mapel Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti PAK,1,Mapel Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti,1,Mapel PJOK,2,Mapel PPKn,2,Mapel Seni Musik,1,Mapel Seni Rupa,1,Mapel Seni Tari,1,Mapel Seni Teater,1,Matematika,1,Minuman Khas Indonesia,2,Modul,2,Modul Ajar,32,Modul Ajar Agama Hindu Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Modul Ajar Agama Konghucu Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia,3,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Inggris,1,Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD,2,Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Kurikulum Merdeka,23,Modul Ajar Matematika,2,Modul Ajar Matematika Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PAI,2,Modul Ajar PAI Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PAK,1,Modul Ajar PAK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK,2,Modul Ajar PJOK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PPKn,1,Modul Ajar PPKn Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PPKn Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Seni Musik,2,Modul Ajar Seni Rupa,2,Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Tari,2,Modul Ajar Seni Tari Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Teater,1,Modul Ajar Seni Teater Kelas 1 SD,1,Mouse,2,New Info,18,Obyek Wisata,2,P3K,3,Pahlawan Nasional,1,Pahlawan Wanita,1,Pakaian Adat,11,Pembelajaran,1,Pendidikan Agama Buddha,1,Pendidikan Agama Hindu,1,Pendidikan Agama Islam,1,Pendidikan Agama Katolik,2,Pendidikan Agama Konghucu,2,Pendidikan Agama Kristen,2,Perangkat Keras Komputer,14,Perangkat Komputer,14,Peta,9,PJOK,1,PKN,1,PPPK,3,Promes dan KKM,1,Prota,3,Prota PAI SD KTSP,3,Prota Tematik SD KTSP,3,Protokol Jaringan,1,Provinsi Bali,3,Provinsi Bangka Belitung,2,Provinsi Banten,3,Provinsi Bengkulu,2,Provinsi DI Yogyakarta,3,Provinsi DKI Jakarta,13,Provinsi Gorontalo,2,Provinsi Jambi,4,Provinsi Jawa Barat,3,Provinsi Jawa Tengah,2,Provinsi Jawa Timur,2,Provinsi Kalimantan Barat,2,Provinsi Kalimantan Selatan,2,Provinsi Kalimantan Tengah,2,Provinsi Kalimantan Timur,2,Provinsi Kalimantan Utara,2,Provinsi Kepulauan Riau,3,Provinsi Lampung,1,Provinsi Maluku,2,Provinsi Maluku Utara,2,Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam,26,Provinsi NTB,2,Provinsi NTT,2,Provinsi Papua,2,Provinsi Papua Barat,2,Provinsi Riau,10,Provinsi Sulawesi Barat,2,Provinsi Sulawesi Selatan,2,Provinsi Sulawesi Tengah,2,Provinsi Sulawesi Tenggara,2,Provinsi Sulawesi Utara,3,Provinsi Sumatera Barat,24,Provinsi Sumatera Selatan,5,RAM,1,Rekomendasi Antivirus,2,Rekomendasi Film,1,ROM,1,RPP dan Silabus,8,RPP K13,4,Rumah Adat,9,Security,3,Sejarah,2,Seni Musik,1,Seni Rupa,1,Seni Sastra,2,SeniTari,1,SeniTeater,2,Senjata tradisional,8,SIG ( Sistem Informasi geografi),9,Silabus K13,1,Simbol Peta,2,SK,1,Skala Peta,1,SmartPhone,4,Soal Latihan,1,Software,2,Sosial Masyarakat.,2,Sosial Media,6,Storage device,2,Suku Provinsi Aceh,1,Sumatera Utara,8,Sungai,1,Taman Nasional,12,Tari Topeng,1,Tarian Adat,21,Tarian Provinsi Aceh,11,Tips & Trik,16,Topologi Jaringan,2,Twitter,1,UMKM,1,Upacara Adat,4,Virus Komputer,2,Website,9,Worm,2,Yahoo,5,
ltr
item
DTECHNOINDO: Macam Makanan dan Minuman Khas Provinsi Riau
Macam Makanan dan Minuman Khas Provinsi Riau
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgH9RKWoFPwvi2ZgzLGvea4qofAuJ46r_TLSsMtPzuYqNd67xtydfCX6MwKBFF1Nh1_F2CJdfKB1zDhu1BSCMsCYk6TS-v_FRjdxKn0e6HsAN9VOsuy-Hafh0SO4dl0huSx1e6d31aZYzQ/s1600/Macam+Makanan+dan+Minuman+Khas+Provinsi+Riau.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgH9RKWoFPwvi2ZgzLGvea4qofAuJ46r_TLSsMtPzuYqNd67xtydfCX6MwKBFF1Nh1_F2CJdfKB1zDhu1BSCMsCYk6TS-v_FRjdxKn0e6HsAN9VOsuy-Hafh0SO4dl0huSx1e6d31aZYzQ/s72-c/Macam+Makanan+dan+Minuman+Khas+Provinsi+Riau.jpg
DTECHNOINDO
https://dtechnoindo.blogspot.com/2017/12/macam-makanan-dan-minuman-khas-provinsi.html
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/2017/12/macam-makanan-dan-minuman-khas-provinsi.html
true
6671659477346282417
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content