$type=ticker$cols=4

Rumah Panggung Kajang Leko-Rumah Adat Provinsi Jambi

Rumah Panggung Kajang Leko-Rumah Adat Provinsi Jambi  J ambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tenga...

Rumah Panggung Kajang Leko-Rumah Adat Provinsi Jambi 

Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pesisir pulau Sumatera. Jambi merupakan kota yang memiliki kebudayaan melayu, hal ini terlihat dari bangunan-bangunan yang berdiri di kota Jambi, salah satunya adalah rumah adat Jambi (kajang leko).

Rumah kajang leko merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Jambi. Rumah kajang leko adalah salah satu rumah panggung di Indonesia yang terbuat dari kayu. Berbeda dengan rumah adat Papua, rumah kajang leko memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran yang beragam. Keunikan rumah panggung ini terletak pada konstruksi bangunan yang memiliki seni ukiran.

Rumah panggung kajang leko memiliki konstruksi bubungan atap rumah melengkung ke atas menyerupai perahu yang terbuat dari anyaman ijuk. Bubungan ini dinamakan jerambah atau ada juga yang menyebutnya dengan lipat kajang. Bagian dinding rumah kajang leko terbuat dari kayu dengan hiasan ukiran yang cantik.

Berdasarkan Fungsinya Rumah kajang leko terbagi menjadi 8 ruangan 
  1. Ruangan pertama adalah jogan, ruangan ini berfungsi sebagai tempat istirahat untuk anggota keluarga, selain itu jogan juga digunakan sebagai tempat menyimpan air.
  2. Ruangan kedua bernama serambi depan yang difungsikan untuk menerima tamu, namun hanya tamu laki-laki yang ditempatkan di ruangan ini.
  3. Ruangan ketiga bernama serambi dalam, ruangan ini digunakan sebagai tempat tidur untuk anak laki-laki.
  4. Ruang keempat bernama amben melintang, ruangan ini dikhususkan sebagai kamar pengantin.
  5. Ruang kelima bernama serambi belakang, ruangan ini adalah kamar tidur bagi anak-anak perempuan yang belum menikah.
  6. Ruang keenam bernama laren, ruangan ini digunakan untuk menerima tamu perempuan, atau kebalikan dari serambi depan.
  7. Ruang ketujuh bernama garang, ruangan ini digunakan untuk mengolah makanan dan juga sebagai tempat menyimpan bahan makanan.
  8. Ruang kedelapan sekaligus ruangan terakhir adalah dapur yang digunakan untuk memasak hidangan makanan khas Jambi.

1. Asal Usul
Masyarakat Marga Batin V atau yang biasa disebut Orang Batin adalah salah satu suku yang menetap di Jambi. Menurut cerita, Orang Batin berasal dari 60 tumbi (keluarga) yang pindah dari Koto Rayo, yaitu sebuah dusun yang terletak sekitar 2 km sebelah ilir Rantau Limau Manis. Ada dua versi cerita tentang penyebab kepindahan ke-60 tumbi tersebut dari Dusun Koto Rayo. Versi pertama mengatakan bahwa Poyang Depati yang merupakan pemimpin ke-60 keluarga itu mempunyai seorang putri yang cantik jelita. Namun, ia selalu menolak setiap ada lamaran yang datang kepada putrinya karena tak satu pun dari para pelamar tersebut yang berkenan di hatinya. Maka untuk menyelamatkan putrinya, Poyang Depati mengajak seluruh keluarga dan warganya untuk meninggalkan Dusun Koto Rayo (Djafar dan Anas Madjid, 1986: 14).

Versi kedua menyebutkan bahwa kepindahan ke-60 keluarga tersebut dari Koto Rayo karena mereka terserang wabah penyakit dan sering mendapat serangan dari Batang Hari. Mereka menyusuri Sungai Tabir hingga akhirnya tiba di ujung Muara Semayo. Di tempat itulah mereka mengadakan perjanjian akan menyebar ke beberapa tempat untuk membuat dusun. Payong Deputi bersama 16 keluarga lainnya membuat dusun di ujung Muara Semayo yang diberi nama Tanjung Muara Semayo yang saat ini dikenal dengan Kelurahan Rantau Panjang. Sementara 41 keluarga lainnya membuat dusun di sepanjang Sungai Tabir, yaitu Dusun Seling, Dusun Kapuk, Dusun Pulau Aro, dan Dusun Muara jernih (Djafar dan Madjid, 1986: 15). Kelima dusun tersebut kini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Salah satu dusun Orang Batin yang masih utuh hingga saat ini adalah Rantau Panjang. Masyarakat di dusun ini masih teguh memegang nilai-nilai budaya leluhur yang tercermin pada kesetiaan mereka melestarikan rumah Kejang Lako yang merupakan ciri khas dalam kesukuan mereka. Bangunan rumah ini disebut Kejang Lako karena kedua ujung bubungan sebelah atas melengkung sedikit ke atas sehingga menyerupai bentuk perahu  (http://www.balarpalembang.go.id/). Ada juga yang menyebut rumah ini sebagai Rumah Lamo karena menurut sejarah rumah ini sudah cukup tua, yaitu diperkirakan sudah berumur ratusan tahun (Djafar dan Madjid, 1986: 22).

Tipologi rumah ini adalah rumah panggung yang berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran panjang12 meter dan lebar 9 meter. Secara fungsional, rumah ini dibuat empat persegi panjang dengan tujuan untuk memudahkan dalam penyusunan ruang. Di dalam rumah ini terdapat berbagai etika dan tata kesopanan yang harus dijunjung tinggi, yang didasarkan pada ajaran-ajaran agama Islam. Ada penghormatan terhadap ninik mamak, jaminan perlindungan bagi anak-anak, hidup berkecukupan dalam keluarga, dan keharmonisan sosial dalam bermasyarakat (Irma Tambunan, Kompas 2007). Oleh karena itu, ruang anak gadis dengan pemuda harus diletakkan berjauhan. Ruang anak gadis biasanya terletak di bagian belakang, sedangkan ruang pemuda barada di bagian depan (Djafar dan Madjid, 1986: 22). Sementara alasan mengapa rumah ini dibuat dengan tipologi rumah panggung adalah karena faktor keamanan, yaitu aman dari serangan musuh yang bisa saja datang secara mendadak dan gangguan dari binatang-binatang buas (http://wisatamelayu.com).

Rumah-rumah Kejang Lako di Rantau Panjang dibangun dalam satu kompleks dengan berderet memanjang dan saling berhadap-hadapan. Jarak antara rumah yang satu dengan yang lainnya rata-rata 2 meter. Di bagian belakang rumah Rejang Lako juga dibuat sebuah bangunan khusus untuk menyimpan padi yang disebut dengan bilik atau lumbung. Bentuk dan tipologi bangunan ini hampir sama dengan bangunan Kejang Lako, yaitu bertipologi rumah panggung dan berbentuk empat persegi panjang. Hanya saja ukurannya lebih kecil daripada rumah tempat tinggal.

Dalam mendirikan rumah Kejang Lako agar menjadi sebuah tempat tinggal yang aman, kokoh, tahan lama, serta memiliki nilai-nilai estitika, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yaitu di antaranya pemilihan bahan, waktu dan tempat mendirikan rumah, dan teknik pembuatannya.
2. Struktur Bangunan 
Rumah Rumah Panggung Kajang Leko atau biasa disebut rumah Kajang Leko adalah sebuah desain hunian yang baru ditetapkan menjadi rumah adat Jambi setelah melalui proses pencarian yang panjang. Pada sekitar tahun 70 an, Pemerintah berencana membangun TMII dan mewajibkan setiap provinsi untuk mengirimkan desain ikon budayanya masing-masing. Gubernur Jambi pada masa itu kemudian berusaha mencari satu di antara banyak desain rumah adat yang ada di Jambi untuk ditetapkan sebagai ikon rumah adat Jambi. 

Pencarian yang dilakukan dengan sayembara bernama “Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” ini kemudian menemukan rumah adat Kajang Leko sebagai rumah dengan desain tertua di Jambi. Rumah adat Kajang Leko sendiri adalah rumah berstruktur panggung yang dikonsep dari arsitektur Marga Batin. Rumah yang jika dilihat dari atas berbentuk persegi panjang dengan ukuran 12 x 9 meter ini, berdiri karena ditopang oleh 30 tiang berukuran besar yang terdiri dari 24 tiang utama dan 6 tiang pelamban. Karena merupakan rumah panggung, maka ia dilengkapi dengan tangga sebagai pintu masuk untuk menaiki rumah. Ada 2 tangga yang dimilliki rumah adat Jambi ini, satu terdapat di sebelah kanan sebagai tangga utama, dan satu lagi bernama tangga penteh.

Untuk bagian atap, konstruksi rumah adat Kajang Leko disebut memiliki keunikan tersendiri. Atapnya ini dinamai “Gajah Mabuk”, sesuai dengan nama pembuat desainnya. Bubungan atap Gajah Mabuk akan tampak seperti perahu dengan ujung atas yang melengkung. Lengkunan tersebut dinamakan potong jerambah atau lipat kajang. Sementara untuk bagian langit-langit, terdapat material yang bernama tebar layar. Tebar layar adalah semacam plafon yang memisahkan ruangan loteng dengan ruangan di bawahnya. Ruangan loteng sering digunakan sebagai ruang penyimpanan, oleh karenanya pada rumah adat ini terdapat tangga patetah yang digunakan untuk naik ke ruangan loteng.
3. Ciri Khas dan Nilai Filosofis
Jika kita perhatikan dengan seksama bagaimana bentuk rumah adat Jambi, kita akan bisa menemukan beberapa ciri khas yang menjadi keunikan desain rumah adat ini dibanding desain rumah adat Indonesia dari provinsi lainnya. Ciri khas rumah adat Kajang Leko ini antara lain: Berstruktur rumah panggung tapi memiliki 2 buah tangga. Bentuk atapnya yang seperti perahu dengan adanya cabang yang melengkung dan saling bertemu. Memiliki banyak ukiran pada dindingnya dengan beragam motif. Ukiran motif ikan melambangkan bahwa masyarakat Melayu adalah masyarakat nelayan, sementara motif flora seperti motif buah-buahan, bunga, dan daun melambangkan pentingnya peran hutan dalam kehidupan masyarakat Melayu Jambi.

 Anda baru saja membaca artikel dengan judul Rumah Panggung Kajang Leko-Rumah Adat Provinsi Jambi , Semoga bermanfaat. Terima kasih.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Administrasi Guru,73,Alat Musik Tradisional,34,Alur Tujuan Pembelajaran,5,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia,1,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris,1,Alur Tujuan Pembelajaran IPAS,1,Alur Tujuan Pembelajaran Matematika,1,Alur Tujuan Pembelajaran PJOK,1,Alur Tujuan Pembelajaran PKN,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Musik,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Rupa,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Tari,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Teater,1,Antivirus,2,Antivirus 2016,2,Antivirus Terbaik,2,App,2,App Android,1,App Review,1,ATP,6,ATP Agama Buddha,1,ATP Agama Hindu,1,ATP Agama Islam,1,ATP Agama Katolik,1,ATP Agama Konghucu,1,ATP Agama Kristen,1,ATP Bahasa Indonesia,1,ATP Bahasa Inggris,1,ATP IPAS,1,ATP Matematika,1,ATP PJOK,1,ATP PKN,1,ATP Seni Musik,1,ATP Seni Rupa,1,ATP Seni Tari,1,ATP Seni Teater,1,Bahasa Indonesia,1,Bahasa Inggris,2,Basis Data,4,Batik,2,Berita Rekomendasi,17,Blog,11,Blogspot,6,Brainware,1,Budaya Dunia,1,Budaya Indonesia,143,Burung,19,Cirebon,1,Danau,1,DBMS,3,Domain,4,Email,8,Facebook,1,Fauna Indonesia,19,Film Terbaru 2016,1,Flora dan Fauna Indonesia,11,Game,1,Game Terbaru,1,Geodesi,22,Geografi,26,Geologi,3,Globe,1,Gmail,3,Gunung,1,Hardware,17,HDD,1,Hewan Langka di Indonesia,19,Hiburan,1,Hosting,7,Ilmu Pengetahuan Sosial,19,Ilmu Ukur Tanah,4,Info West Movie,1,Internet,17,IP,2,IPAS,1,IPS,21,Istilah IT,25,IT,28,Jaringan Komputer,16,K13,1,Kelas 1 SD,25,Kelas 2 SD,10,Kelas 3 SD,5,Kelas 4 SD,19,Kelas 5 SD,4,Kelas 6 SD,3,Keyboard,3,Komponen Jaringan Komputer,7,Komputer,28,KTSP,13,Kuliner Nusantara,2,Kurikulum Merdeka,48,Kurikulum K13,11,Lagu Daerah,20,LCD,2,LED,2,Linkedin,1,Makanan Khas Indonesia,9,Malware,2,Mapel Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Mapel Bahasa Indonesia,3,Mapel Bahasa Inggris,1,Mapel IPAS,1,Mapel Matematika,2,Mapel Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,1,Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI),2,Mapel Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti PAK,1,Mapel Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti,1,Mapel PJOK,2,Mapel PPKn,2,Mapel Seni Musik,1,Mapel Seni Rupa,1,Mapel Seni Tari,1,Mapel Seni Teater,1,Matematika,1,Minuman Khas Indonesia,2,Modul,2,Modul Ajar,32,Modul Ajar Agama Hindu Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Modul Ajar Agama Konghucu Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia,3,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Inggris,1,Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD,2,Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Kurikulum Merdeka,23,Modul Ajar Matematika,2,Modul Ajar Matematika Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PAI,2,Modul Ajar PAI Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PAK,1,Modul Ajar PAK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK,2,Modul Ajar PJOK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PPKn,1,Modul Ajar PPKn Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PPKn Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Seni Musik,2,Modul Ajar Seni Rupa,2,Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Tari,2,Modul Ajar Seni Tari Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Teater,1,Modul Ajar Seni Teater Kelas 1 SD,1,Mouse,2,New Info,18,Obyek Wisata,2,P3K,3,Pahlawan Nasional,1,Pahlawan Wanita,1,Pakaian Adat,11,Pembelajaran,1,Pendidikan Agama Buddha,1,Pendidikan Agama Hindu,1,Pendidikan Agama Islam,1,Pendidikan Agama Katolik,2,Pendidikan Agama Konghucu,2,Pendidikan Agama Kristen,2,Perangkat Keras Komputer,14,Perangkat Komputer,14,Peta,9,PJOK,1,PKN,1,PPPK,3,Promes dan KKM,1,Prota,3,Prota PAI SD KTSP,3,Prota Tematik SD KTSP,3,Protokol Jaringan,1,Provinsi Bali,3,Provinsi Bangka Belitung,2,Provinsi Banten,3,Provinsi Bengkulu,2,Provinsi DI Yogyakarta,3,Provinsi DKI Jakarta,13,Provinsi Gorontalo,2,Provinsi Jambi,4,Provinsi Jawa Barat,3,Provinsi Jawa Tengah,2,Provinsi Jawa Timur,2,Provinsi Kalimantan Barat,2,Provinsi Kalimantan Selatan,2,Provinsi Kalimantan Tengah,2,Provinsi Kalimantan Timur,2,Provinsi Kalimantan Utara,2,Provinsi Kepulauan Riau,3,Provinsi Lampung,1,Provinsi Maluku,2,Provinsi Maluku Utara,2,Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam,26,Provinsi NTB,2,Provinsi NTT,2,Provinsi Papua,2,Provinsi Papua Barat,2,Provinsi Riau,10,Provinsi Sulawesi Barat,2,Provinsi Sulawesi Selatan,2,Provinsi Sulawesi Tengah,2,Provinsi Sulawesi Tenggara,2,Provinsi Sulawesi Utara,3,Provinsi Sumatera Barat,24,Provinsi Sumatera Selatan,5,RAM,1,Rekomendasi Antivirus,2,Rekomendasi Film,1,ROM,1,RPP dan Silabus,8,RPP K13,4,Rumah Adat,9,Security,3,Sejarah,2,Seni Musik,1,Seni Rupa,1,Seni Sastra,2,SeniTari,1,SeniTeater,2,Senjata tradisional,8,SIG ( Sistem Informasi geografi),9,Silabus K13,1,Simbol Peta,2,SK,1,Skala Peta,1,SmartPhone,4,Soal Latihan,1,Software,2,Sosial Masyarakat.,2,Sosial Media,6,Storage device,2,Suku Provinsi Aceh,1,Sumatera Utara,8,Sungai,1,Taman Nasional,12,Tari Topeng,1,Tarian Adat,21,Tarian Provinsi Aceh,11,Tips & Trik,16,Topologi Jaringan,2,Twitter,1,UMKM,1,Upacara Adat,4,Virus Komputer,2,Website,9,Worm,2,Yahoo,5,
ltr
item
DTECHNOINDO: Rumah Panggung Kajang Leko-Rumah Adat Provinsi Jambi
Rumah Panggung Kajang Leko-Rumah Adat Provinsi Jambi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirf4kERtiOyuVjYItySlzfkKTYiz_3zlwjaPkTtgAZ8vbPsVAFSfqInnBDWtD55KKkg8OmSEuTvRwlQgPC5X26Kr_tiTUKH7BoPgEd-raZmbp_ULWe_dGlEwkqAnBOY1_v4dmFV2N7vaU/s1600/Rumah+Adat+Jambi_dtechnoindo.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirf4kERtiOyuVjYItySlzfkKTYiz_3zlwjaPkTtgAZ8vbPsVAFSfqInnBDWtD55KKkg8OmSEuTvRwlQgPC5X26Kr_tiTUKH7BoPgEd-raZmbp_ULWe_dGlEwkqAnBOY1_v4dmFV2N7vaU/s72-c/Rumah+Adat+Jambi_dtechnoindo.jpg
DTECHNOINDO
https://dtechnoindo.blogspot.com/2017/05/rumah-panggung-kajang-leko-rumah-adat.html
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/2017/05/rumah-panggung-kajang-leko-rumah-adat.html
true
6671659477346282417
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content