$type=ticker$cols=4

Senjata Tradisional dari Sumatera Barat

Senjata Tradisional dari Sumatera Barat S enjata sejak zaman prasejarah sangat dibutuhkan dan digunakan dalam pencapaian kelangsungan ...

Senjata Tradisional dari Sumatera Barat


Senjata sejak zaman prasejarah sangat dibutuhkan dan digunakan dalam pencapaian kelangsungan hidup misalnya digunakan untuk berburu dan lainnya. Seiring perkembangannya senjata banyak digunakan beberapa kumpulan orang seperti suku sebagai identitas budaya.Tak dipungkiri pula hal tersebut berlaku di Indonesia dimana suku dan budayanya sangat beragam karena kontur geografis Indonesia yang berupa kepulauan sehingga akan sangat berbeda senjata tradisional yang digunakan oleh suku di daerah yang tinggal di dataran tinggi atau pegunungan dengan suku yang tinggal di daerah rendah atau pesisir.

Senjata tradisional Sumatera Barat berupa Karih, Kerambik, Rudiut, Piarit, belati, pedang panjang, panah, sumpit dan sebagainya.Selain alat musik tradisional, Sumatera Barat juga memiliki beberapa senjata tradisional yang berkembang dimasyarakat Sumatera Barat. Senjata Tradisional ini selain dipergunakan untuk berburu, mempertahankan diri dan juga dipergunakan sebagai kelengkapan / aksesories.

Berikut ini beberapa senjata Tradisional Sumatera Barat

1. Senjata Tradisional Sumatera Barat - Karih

Karih atau keris adalah senjata tradisional Sumatera Barat yang mirip seperti senjata keris di Jawa Tengah. Keris terdiri dari empat buah bagian yaitu gembong, putiang, tunangan, dan mato keris. Gembong adalah bagian pegangan keris yang melengkung memiliki makna bahwa pengulu (pemimpin suku) adalah orang yang cerdas, rendah hati, dan akan selalu patuh terhadap hukum adat serta agama. Putiang adalah besi yang menghubungkan gembong dengan bilah keris. Akan tetapi Jika masih berada dalam sarungnya, sekilas bentuk keris Sumatera Barat ini mirip keris Jawa; pegangannya berlekuk sedikit dengan ukiran di bagian sarungnya. Bagian sarungnya agak sedikit menyempit di bagian atas dekat ujungnya.

Karih / Keris ini merupakan perlengkapan / aksesoris yang dipakai oleh kaum laki-laki dan diletakkan di sebelah depan, dan umumnya dipakai oleh para penghulu terutama dalam setiap acara resmi ada terutama dalam acara malewa gala atau pengukuhan gelar, selain itu juga biasa dipakai oleh para mempelai pria dalam acara majlis perkawinan yang masyarakat setempat menyebutnya baralek dan juga dipergunakan dalam pertunjukan silat.

Muhsin Ilhaq dalam jurna berjudul Keris dalam Budaya Minangkabau: "Visualisasi Nilai Kepemimpinana Pangulu” (2018), menyebutkan Putiang dalam budaya Minang bermakna bahwa seorang pangelu haruslah sabar, bertanggung jawab atas kewajibannya, tidak pamrih, dan menjauhi semua larangan. Mato keris adalah bilah keris yang berliku-liku menandakan seorang pengulu akan berhati-hati dalam mengambil keputusan, bersikap netral, dan berpegang pada hukum adat. Adapun tunangan adalah sarung keris yang terbuat dari kayu.

2. Senjata Tradisional Sumatera Barat - Kerambik

Senjata Tradisional dari Sumatera Barat selanjutnya adalah Karambit. Kerambit disebut juga dengan Karambiak, Kurambiak.  Kerambit adalah senjata tradisional Sumatera Barat yang berjenis pisau genggam kecil berbentuk melengkung dari Indonesia yang telah mendunia. Bahkan senjata ini di produksi secara masal oleh produsun-produsen senjata dunia, dan menjadi senjata wajib personel US Marshal. Senjata ini termasuk senjata berbahaya karena dapat digunakan menyayat maupun merobek anggota tubuh lawan secara cepat dan tidak terdeteksi. 

kerambit merupakan senjata tradisional Minangkabau Sumatera Barat berupa pisau kecil yang melengkung yang luar biasa tajam dengan gagang yang terbuat dari tanduk, kayu keras, maupun gading. Secara historis kerambit teinspirasi dari legenda cindaku, yaitu manusia minang yang bisa berubah menjadi harimau. Sehingga bentuk kerambit dibuat menyerupai lengkungan kuku harimau.

Kerambit atau kurambiak sangat kecil dan tipis sehingga dapat disembunyikan dalam baju, ukurannya membuat kerambit bisa digerakkan dengan lebih leluasa dan cepat dibanding senjata lain yang besar dan berat. Kerambit dapat menciptakan luka sayat yang kecil namun dalam. Konon sayatan kerambit dapat memotong organ tubuh walau dari luar hanya terlihat seperti sayatan kecil. Kemampuan tersebut membuat kerambit menjadi senjata tradisional paling mematikan di dunia. 

Kerambik ini merupakan senjata khas asli dari Minangkabau Sumatera Barat, namun dalam perkembangannya menyebar ke pelosok nusantara dibawa oleh masyarakat Minang yang merantau. Saat ini kerambit memiliki beberapa varian. Dari bilah tajamnya terbagai menjadi dua yaitu tajam tunggal dan tajam ganda (double edges). Sedangkan di Indonesia sendiri, kerambit ada dua yaitu kerambit Jawa Barat dan kurambiak/karambiak Minang. Kerambit Jawa Barat biasanya memiliki lengkungan yang membulat, sedangkan kerambit Minang memiliki lengkungan siku.

Beberapa jenis kerambit di Nusantara:
  • Kuku Alang (kuku elang), Lawi ayam: Cakar elang/ayam dari Sumatera Barat
  • Kuku Harimau: Sumatera Barat, Jawa Barat dan Madura
  • Kuku Bima: Jawa Barat, Jawa Tengah
  • Kuku Hanoman: Jawa Barat
  • Kerambit Sumbawa: Pulau Sumba
  • Kerambit Lombok: Lombok
3. Senjata Tradisional Sumatera Barat -Ruduih

Ruduih merupakan salah satu senjata tradisional sejenis golok yang berasal dari budaya masyarakat Minang, Sumatra Barat. Pada masa lampau Keberadaan senjata tradisional ruduih ini dipergunakan dalam peperangan dan  tercatat di dalam Museum Perjuangan Tridaya Eka Dharma, sebagai senjata yang digunakan dalam perang Manggopoh (1908).

Ruduih merupakan senjata yang digunakan Mande Siti, yaitu sosok pahlawan wanita suku Minangkabau yang dikenal sebagai singa betina dari Manggopoh. Dilansir dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia, pada malam 16 Juni 1908 singa betina dari Manggopoh dan suaminya memimpin penyusupan ke markas Belanda, mematikan lampu, dan merobek perut puluhan tentara Belanda dengan ruduih, hanya dua yang bisa lolos.

4. Senjata Tradisional Sumatera Barat – Kalewang

Kalewang adalah salah satu bentuk senjata tradisional untuk mempertahankan diri ataupun untuk berladang adalah pedang. Terdiri dari mata dan tangkai. Mata terbuat dari besi berbentuk empat persegi panjang dan pipih. sedangkan tangkai terbuat dari kuningan berbentuk kepala singa, bahagian ujung berbentuk bundar dan melengkung ke bawah sehingga ujungnya masuk ke mulut singa dipakai oleh opsi belanda pada zaman penjajahan.

Klewang digunakan rakyat dalam Perang Padri yaitu perang saudara antara suku Minang dan Mandailing yang di dalamnya turut campur Belanda bersama sekutu. Kalewang menjadi senjata utama para pasukan Padri kala Perang Padri bergolak di Sumatera Barat pada abad 19. Perwira-perwira Paderi dikenal sangat terampil menggunakan Kalewang saat bertempur.

5. Senjata Tradisional Sumatera Barat – Piarik

Piarik adalah senjata tradisional Sumatera Barat yang memiliki tiga mata dan berbentuk seperti trisula. Piarik adalah tombak panjang seperti senjata Poseidon dengan ujung mata tiga di mana mata paling tengah lebih panjang dibanding kedua mata lainnya.

Senjata Piarit adalah senjata tradisional Padang Sumatera Barat berbentuk tombak dengan tiga mata tajam. Selain di Sumatera Barat juga banyak digunakan di daerah lain seperti Sumatera Selatan dan biasa disebut dengan senjata Trisula. Bentuk, senjata ini menyerupai senjata utama dewa Hindu Siwa.

Karena pada zaman dahulu, sebelum Islam masuk ke Sumatera Barat, khususnya di daerah Padang masih menganut agama Hindu. Orang Sumatera Barat sering berburu hewan besar dengan menggunakan senjata tradisional Piarik ini sebagai pegangan.

6. Senjata Tradisional Sumatera Barat – Lintau Buo

Lintau Buo Sejenis senjata tajam yang digunakan untuk melawan masuk pada masa penjajahan Belanda. terdiri dari tangkai, mata dan sarung. Tangkai dari kayu berbentuk melengkung dan diberi besi untuk pegangan. Mata dari besi bentuk pipih agak panjang. Sarung dari kayu, pada bagian tengah mempunyai rongga tempat memasukkan matanya. ujung dan pangkal sarung bagian luar dilapisi kuningan

Anda baru saja membaca artikel dengan judul Senjata Tradisional dari Sumatera Barat, Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Administrasi Guru,73,Alat Musik Tradisional,34,Alur Tujuan Pembelajaran,5,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia,1,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris,1,Alur Tujuan Pembelajaran IPAS,1,Alur Tujuan Pembelajaran Matematika,1,Alur Tujuan Pembelajaran PJOK,1,Alur Tujuan Pembelajaran PKN,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Musik,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Rupa,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Tari,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Teater,1,Antivirus,2,Antivirus 2016,2,Antivirus Terbaik,2,App,2,App Android,1,App Review,1,ATP,6,ATP Agama Buddha,1,ATP Agama Hindu,1,ATP Agama Islam,1,ATP Agama Katolik,1,ATP Agama Konghucu,1,ATP Agama Kristen,1,ATP Bahasa Indonesia,1,ATP Bahasa Inggris,1,ATP IPAS,1,ATP Matematika,1,ATP PJOK,1,ATP PKN,1,ATP Seni Musik,1,ATP Seni Rupa,1,ATP Seni Tari,1,ATP Seni Teater,1,Bahasa Indonesia,1,Bahasa Inggris,2,Basis Data,4,Batik,2,Berita Rekomendasi,17,Blog,11,Blogspot,6,Brainware,1,Budaya Dunia,1,Budaya Indonesia,143,Burung,19,Cirebon,1,Danau,1,DBMS,3,Domain,4,Email,8,Facebook,1,Fauna Indonesia,19,Film Terbaru 2016,1,Flora dan Fauna Indonesia,11,Game,1,Game Terbaru,1,Geodesi,22,Geografi,26,Geologi,3,Globe,1,Gmail,3,Gunung,1,Hardware,17,HDD,1,Hewan Langka di Indonesia,19,Hiburan,1,Hosting,7,Ilmu Pengetahuan Sosial,19,Ilmu Ukur Tanah,4,Info West Movie,1,Internet,17,IP,2,IPAS,1,IPS,21,Istilah IT,25,IT,28,Jaringan Komputer,16,K13,1,Kelas 1 SD,25,Kelas 2 SD,10,Kelas 3 SD,5,Kelas 4 SD,19,Kelas 5 SD,4,Kelas 6 SD,3,Keyboard,3,Komponen Jaringan Komputer,7,Komputer,28,KTSP,13,Kuliner Nusantara,2,Kurikulum Merdeka,48,Kurikulum K13,11,Lagu Daerah,20,LCD,2,LED,2,Linkedin,1,Makanan Khas Indonesia,9,Malware,2,Mapel Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Mapel Bahasa Indonesia,3,Mapel Bahasa Inggris,1,Mapel IPAS,1,Mapel Matematika,2,Mapel Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,1,Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI),2,Mapel Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti PAK,1,Mapel Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti,1,Mapel PJOK,2,Mapel PPKn,2,Mapel Seni Musik,1,Mapel Seni Rupa,1,Mapel Seni Tari,1,Mapel Seni Teater,1,Matematika,1,Minuman Khas Indonesia,2,Modul,2,Modul Ajar,32,Modul Ajar Agama Hindu Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Modul Ajar Agama Konghucu Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia,3,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Inggris,1,Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD,2,Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Kurikulum Merdeka,23,Modul Ajar Matematika,2,Modul Ajar Matematika Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PAI,2,Modul Ajar PAI Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PAK,1,Modul Ajar PAK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK,2,Modul Ajar PJOK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PPKn,1,Modul Ajar PPKn Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PPKn Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Seni Musik,2,Modul Ajar Seni Rupa,2,Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Tari,2,Modul Ajar Seni Tari Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Teater,1,Modul Ajar Seni Teater Kelas 1 SD,1,Mouse,2,New Info,18,Obyek Wisata,2,P3K,3,Pahlawan Nasional,1,Pahlawan Wanita,1,Pakaian Adat,11,Pembelajaran,1,Pendidikan Agama Buddha,1,Pendidikan Agama Hindu,1,Pendidikan Agama Islam,1,Pendidikan Agama Katolik,2,Pendidikan Agama Konghucu,2,Pendidikan Agama Kristen,2,Perangkat Keras Komputer,14,Perangkat Komputer,14,Peta,9,PJOK,1,PKN,1,PPPK,3,Promes dan KKM,1,Prota,3,Prota PAI SD KTSP,3,Prota Tematik SD KTSP,3,Protokol Jaringan,1,Provinsi Bali,3,Provinsi Bangka Belitung,2,Provinsi Banten,3,Provinsi Bengkulu,2,Provinsi DI Yogyakarta,3,Provinsi DKI Jakarta,13,Provinsi Gorontalo,2,Provinsi Jambi,4,Provinsi Jawa Barat,3,Provinsi Jawa Tengah,2,Provinsi Jawa Timur,2,Provinsi Kalimantan Barat,2,Provinsi Kalimantan Selatan,2,Provinsi Kalimantan Tengah,2,Provinsi Kalimantan Timur,2,Provinsi Kalimantan Utara,2,Provinsi Kepulauan Riau,3,Provinsi Lampung,1,Provinsi Maluku,2,Provinsi Maluku Utara,2,Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam,26,Provinsi NTB,2,Provinsi NTT,2,Provinsi Papua,2,Provinsi Papua Barat,2,Provinsi Riau,10,Provinsi Sulawesi Barat,2,Provinsi Sulawesi Selatan,2,Provinsi Sulawesi Tengah,2,Provinsi Sulawesi Tenggara,2,Provinsi Sulawesi Utara,3,Provinsi Sumatera Barat,24,Provinsi Sumatera Selatan,5,RAM,1,Rekomendasi Antivirus,2,Rekomendasi Film,1,ROM,1,RPP dan Silabus,8,RPP K13,4,Rumah Adat,9,Security,3,Sejarah,2,Seni Musik,1,Seni Rupa,1,Seni Sastra,2,SeniTari,1,SeniTeater,2,Senjata tradisional,8,SIG ( Sistem Informasi geografi),9,Silabus K13,1,Simbol Peta,2,SK,1,Skala Peta,1,SmartPhone,4,Soal Latihan,1,Software,2,Sosial Masyarakat.,2,Sosial Media,6,Storage device,2,Suku Provinsi Aceh,1,Sumatera Utara,8,Sungai,1,Taman Nasional,12,Tari Topeng,1,Tarian Adat,21,Tarian Provinsi Aceh,11,Tips & Trik,16,Topologi Jaringan,2,Twitter,1,UMKM,1,Upacara Adat,4,Virus Komputer,2,Website,9,Worm,2,Yahoo,5,
ltr
item
DTECHNOINDO: Senjata Tradisional dari Sumatera Barat
Senjata Tradisional dari Sumatera Barat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYVYprzCjrHm__50P0FL_yfX1Hnbk_0pkmA26O_GqJfySvynAtTUbHPN0EzXy5tpgQp80Zl0NbnZ-0uvRzsycYujnxURdepyDtiSqW6dG0RF-JsmE-WdyPFJOdvTh9HZXyrXHScQj5qncoFKxPYjE_-U4P-9cSVEUAQjloMaFsHgq5LZ8wzhpA8BNr/s16000/Senjata%20Tradisional%20dari%20Sumatera%20Barat@dtechnoindo.blogspot.com.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYVYprzCjrHm__50P0FL_yfX1Hnbk_0pkmA26O_GqJfySvynAtTUbHPN0EzXy5tpgQp80Zl0NbnZ-0uvRzsycYujnxURdepyDtiSqW6dG0RF-JsmE-WdyPFJOdvTh9HZXyrXHScQj5qncoFKxPYjE_-U4P-9cSVEUAQjloMaFsHgq5LZ8wzhpA8BNr/s72-c/Senjata%20Tradisional%20dari%20Sumatera%20Barat@dtechnoindo.blogspot.com.jpg
DTECHNOINDO
https://dtechnoindo.blogspot.com/2017/02/senjata-tradisional-dari-sumatera-barat.html
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/2017/02/senjata-tradisional-dari-sumatera-barat.html
true
6671659477346282417
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content