$type=ticker$cols=4

Stratifikasi Sosial dan Tradisi Mangalua Pada Masyarakat Batak Toba-Sumatera Utara

Stratifikasi Sosial dan Tradisi Mangalua Pada Masyarakat Batak Toba-Sumatera Utara D ari berbagai perbedaan kehidupan manusia, satu be...

Stratifikasi Sosial dan Tradisi Mangalua Pada Masyarakat Batak Toba-Sumatera Utara

Dari berbagai perbedaan kehidupan manusia, satu bentuk variasi kehidupan mereka yang menonjol adalah fenomena stratifikasi (tingkat-tingkat) sosial. Perbedaan itu tidak semata-mata ada, tetapi melalui proses suatu bentuk kehidupan atau ada dalam masyarakat karena mereka menganggap bentuk kehidupan itu benar, baik dan berguna bagi mereka. Fenomena dari stratifikasi sosial ini akan selalu ada dalam kehidupan manusia, sesederhana apapun kehidupan mereka, tetapi bentuknya mungkin berbeda satu sama lain, semua tergantung bagaimana mereka menempatkannya (Soekanto 1988:27)

Manusia adalah mahluk sosial yang dilahirkan dalam suatu pangkuan budaya yang pada awalnya merupakan unsur pembentukan kepribadiannya.Umumnya manusia sangat peka terhadap budaya yang dipangkunya karena budaya merupakan landasan filosofi yang mendasari setiap prilaku manusia. Sehingga dengan demikian seringkali manusia secara tidak sadar bersikap tertutup terhadap kemungkinan perubahan dalam nilai-nilai yang selama ini dipangkunya, juga merasa bahwa nilai-nilai yang dimilikinya merupakan yang terbaik dan harus dipertahankan (Piotr 2008:35)

Sejak manusia mengenal adanya suatu bentuk kehidupan bersama di dalam bentuk organisasi sosial, lapisan-lapisan masyarakat mulai muncul. Pada masyarakat dengan kehidupan yang masih sederhana, pelapisan itu dimulai atas dasar perbedaan gender dan usia, perbedaan berdasarkan kekayaan.

Sistem kehidupan manusia adalah suatu aturan atau tata cara kehidupan dalam suatu kelompok masyarakatnya yang dimana lahir dari sebuah kebudayaan atau kebiasaan. Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat dan lain-lain kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai annggota masyarakat (Jacobus, 2006:21)

Setiap masyarakat mempunyai sesuatu yang dihargai, bisa berupa kepandaian, kekayaan, kekuasaan, profesi, keaslian keanggotaan masyarakat dan sebagainya. Selama manusia membeda-bedakan penghargaan terhadap sesuatu yang dimiliki tersebut, pasti akan menimbulkan lapisan-lapisan dalam masyarakat. Semakin banyak kepemilikan, kecakapan masyarakat/seseorang terhadap sesuatu yang dihargai, semakin tinggi kedudukan atau lapisannya. Sebaliknya bagi mereka yang hanya mempunyai sedikit atau bahkan tidak memiliki sama sekali, maka mereka mempunyai kedudukan dan lapisan yang rendah.

Batak Toba termaksud salah satu suku di Indonesia, yang tinggal di Propinsi Sumatera Utara, yang terletak di bagian barat Indonesia adalah pulau kedua terbesar setelah Kalimantan.Orang Batak tinggal di dataran tinggi Bukit Barisan sekitar Danau Toba. Orang Batak mempunyai kultur yang mempunyai kesamaan dengan Proto-Melayu. Dalam religi mereka, orang Batak memuja peranan yang penting dalam seluruh aktivitas keturunan mereka. Sistem keturunan mereka adalah patrilinear dan struktur sosial diatur oleh perkawinan kemenakan a-simetris (Vergouwen 2004:34). 

Batak Toba merupakan suatu sub suku yang hidup pada pengawasan adat-istiadat, terutama pada adat perkawinan. Masyarakat Batak Toba merupakan salah satu suku bangsa Batak dan salah satu dari ratusan suku bangsa yang ada di Indonesia.Berdiri dengan satu identitas budaya, berasal dari daerah tertentu, memiliki bahasa, dan adat istiadat sendiri.Masyarakat Batak Toba hidup dibawah pengawasan adat istiadatnya yang berperan mengatur keseluruhan tingkahlaku. Demikian juga dengan perkawinan sebagai salah satu siklus kehidupan seseorang. Perkawinan dalam kehidupan masyarakat Batak Toba memiliki aturan-aturan adat yang sangat kuat walaupun sudah mengalami berbagai perubahan pada saat ini perkawinan masyarakat Batak Toba yang diatur oleh adat-istiadat akan lebih sah dan resmi. 

Sistem pelapisan sosial pada masyarakat Batak Toba didasarkan pada tiga prinsip, yaitu:

1. Berdasarkan senioritas, jabatan dan sifat keaslian.
Di Indonesia tidak jarang terjadi kelas sosial orang tua atau kerabat sangat dekat mempengaruhi kelas sosial sesorang. Misalnya orang tua mempunyai kedudukan terpandang, maka biasanya anak-anaknya ikut-ikut dianggap terpandang. Sebaliknya, apabila orang tua atau kerabatnya tergolong kelas sosial yang relatif rendah, maka anaknya atau keluarganya, dianggap demikian pula, walaupun mereka berpenghasilan tinggi atau mempunyai pangkat yang tidak rendah. Sistem pelapisan sosial berdasarkan senioritas pada masyarakat. Batak Toba pada prinsipnya menyangkut konteks tua-muda dan kawin atau belum kawin. Hal ini nyata dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam aktivitas adat.

Mereka yang masih muda selalu menganggap yang tua lebih tinggi kedudukannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga yang muda harus menghormati orang yang lebih tua.Analog dengan itu, persoalan kawin dan tidak kawin nyata sekali dalam aktivitas adat, di mana orang yang belum kawin tidak terlibat dalam perencaanaan dan pengambilan keputusan hal-hal yang menyangkut adat. Sistem pelapisan sosial berdasarkan jabatan mengacu pada jabatan-jabatan yang dipegang oleh seorang dalam sistem pemerintahan huta. Keturunan raja atau yang menduduki jabatan raja atau keluarga raja dan kepala-kepala wilayah atau satuan pemukiman dianggap sebagai lapisan masyarakat paling atas.

2. Lapisan kedua adalah mereka yang memiliki keahlian tertentu dalam tataran masyarakat tradisional
seperti: tukang, dukun, pemukul dan peniup (pemain) alat-alat kesenian tradisional.



3. Sementara pada lapisan ketiga adalah rakyat biasa atau rakyat kebanyakan. 

Sistem pelapisan sosial berdasarkan sifat keaslian mengacu pada orang yang pertama sekali mendirikan desa dan orang yang datang kemudian. Orang yang datang pertama sekali mendirikan desa dan keturunannya menduduki lapisan yang tinggi dalam tataran masyarakat Batak. Mereka memiliki hak-hak istimewa atas tanah desa dan juga mendapat prioritas utama dalam menduduki jabatan-jabatan tertentu dalam desa.

Pada mulanya hanya dari golongan mereka ini yang menjadi pemilik utama tanah desa, menduduki jabatan sebagai raja atau pangulu dan jabatan tersebut diwariskan kepada keturunannya. Orang-orang yang datang kemudian (pendatang) tidak memiliki hak atas tanah dan juga jabatan-jabatan dalam struktur pemerintahan huta. Mereka ini menguasai tanah desa hanya atas seizin dari penguasa. (Bungaran. 2004:43) Selain itu Suku Batak Toba mengenal tingkatan 3H, yaitu hamoraon (kekayaan),hagabeon (kebahagiaan, sebenarnya terjemahan hagabeon menjadi kebahagiaan adalah kurang pas) dan hasangapon (kehormatan, agak kurang pas juga kalau hasangapon diterjemahkan sebagai kehormatan).Bagi manusia Batak, pencapaian 3 H merupakan ukuran keberhasilan pencapaian dan kesuksesan seseorang.

Berbagai usaha dilakukan untuk mencapai 3H tersebut, bekerja keras menuntut ilmu agar bisa mamora (kaya).Maka manusia Batak menjadi petarung, berjuang keras untuk mencapai hamoraon, dan menjadi kaya secara finansial dan material. Manusia Batak tidak akan segan-segan mangaranto, pergi meninggalkan kampung halaman untuk mencari kekayaan material. Berjuang dengan segala usaha dan modal di pangarantoan, Perantauan, untuk bisa mendapatkan kekayaan.Kalau perlu merantau ke seluruh penjuru dunia.

Ukuran umum hagabeon dalam bangso Batak adalah bila mempunyai keturunan baoa (laki) dan boru (perempuan) yang juga kemudian mempunyai keturunan lagi. Jadi bila seseorang dalam hidupnya sudah mempunyai cucu dari anak laki-laki, cucu dari anak perempuan, serta semua anaknya baik laki dan perempuan sudah berumah tangga dan mempunyai keturunan, maka ia disebut gabe. Hagabeon menjadi sempurna ketika masih hidup dan masih bisa melihat cicit (apalagi kalau dari cucu perempuan dan cucu laki-laki). Itulah puncak sempurna hagabeon manusia Batak.

Adapun hasangapon, agak sulit mencari padanan katanya dalam Bahasa Indonesia.Secara harafiah, sangap bisa diartikan sebagai terpuji, atau teladan, terhormat, nyaris tanpa cela. Seseorang yang dianggap sangap, berarti akan menjadi pribadi sempurna, manusia yang mencapai status tinggi dalam kehidupan, dan tidak ada cemoohan dari orang lain. Biasanya seseorang menjadi sangap, bila dalam tingkat tertentu juga mempunyai hamoraon dan mempunyai hagabeon. Karena itu , sesungguhnya sangat sulit untuk mengatakan seseorang sudah mencapai hasangapon sekarang ini.

Perkawinan bagi kebanyakan suku bangsa di Indonesia, khususnya Batak (Toba, Karo, Simalungun, Pakpak, Mandailing) Melayu, Minang, Jawa, Betawi, Sunda, Aceh, dan sebagainya pada zaman dahulu dan bahkan sampai dewasa ini dianggap merupakan tingkat kedewasaan bagi masyarakatnya dan bukan ditentukan oleh usianya.

Alasan idealnya karena pada saat itu seseorang sudah mandiri dan bertanggungjawab memenuhi nafkah pasangannnya serta siap meneruskan generasi dan nafkahi anak-anaknya kelak.Namun pada kenyataannya tidak semua berada dalam kondisi seperti ini. Oleh karena itu pandangan kultur perkawinan dianggap sebagai sesuatu yang sifatnya sakral dan hanya dapat dilakukan setelah wanita dan pria mengikatkan diri melalui prosesi adat dan dalam suatu ikatan perkawinan.

Perkawinan pada masyarakat Batak Toba pada hakekatnya adalah sakral, dikatakan sakral karena pemahaman adat Batak bermakna pengorbanan bagi parboru (pihak pengantin perempuan) kerena memberikan satu nyawa manusia yang hidup yaitu anak perempuannya kepada orang lain yakni pihak paranak (pihak pengantin pria), yang nantinya pihak pria harus juga menghargainya dengan mengorbankan atau mempersembahkan satu nyawa juga yakni dengan menyembelih seekor hewan (sapi atau kerbau) yang kemudian menjadi santapan dalam pesta perkawinan

Masyarakat Batak Toba yang secara tradisional bermukim di wilayah propinsi Sumatera Utara merupakan masyarakat yang patrilineal, dimana garis keturunan ditelusuri lewat ikatan yang disebut marga.Keseluruhan marga yang ada saling berhubungan, dan menyakini bahwa mereka berasal dari satu keturunan. Hubungan sosial marga diatur dalam dalihan na tolu (harfiah: “ tiga tungku”), yakni sebuah struktur kemasyarakatan yang dibangun berdasarkan tiga pilar: hula-hula ( pihak pemberi istri), boru (pihak pemberi istri), dan dongan sabutuha (saudara seibu). Dalam setiap upacara adat dapat dilihat bagaimana peran serta hubungan relasional dari kegiatan pihak tersebut terhadap individu atau keluarga yang mengadakan upacara (suhut). Dalam tradisi perkawinan, masyarakat Batak Toba menganut konsep bahwa sebuah ikatan perkawinan merupakan penyatuan dua set dari unsur dalihan na tolu dari dua keluarga luas individu yang akan menikah (Siahaan, 1982:18)

Perkawinan pada masyarakat Batak Toba dapat terjadi seperti yang dengan jalan martandang (Pacaran) lebih dahulu sampai dengan peresmian perkawinan dengan acara adat.Hal seperti ini akan dapat berjalan lancar apabila setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik. Kadang-kadang ada masalah yang tidak dapat diselesaikan kedua belah pihak yaitu pihak paranak dan pihak parboru.Misalnya, sepasang remaja sudah saling mencintai, tetapi orangtua mereka tidak setuju atas calon tersebut.Kedua remaja sudah berusaha mencari jalan keluar dengan jalan menghubungi keluarga untuk membujuk orangtua tetap tidak menyetujui si calon.

Ada pula masalah yang tidak dapat diatasi misalnya tidak tercapai kata sepakat berapa besar sinamot (mahar) dari pihak paranak kepada pihak parboru dan sebaliknya.Dahulu sinamot ini dibuat menjadi dalih untuk memisah kedua remaja dengan jalan meminta sinamot atau ulosulos sangat tinggi.Boleh juga pemisahan itu terjadi kerena salah satu dari kedua belah pihak tidak mampu membiayai upacara peresmian perkawinan.
Apabila sepasang remaja itu sudah sangat saling mencintai maka pada mereka berdualah apa dan bagaimana jalan yang ditempuh untuk menegakkan perkawinan mereka. Bagi yang putus asa kadang-kadang sepasang remaja itu mengambil jalan sesat dan bagi yang sadar masih menempuh cara lain mewujudkan perkawinan dengan kawin lari yang disebut mangalua.

Perkawinan mangalua disebabkan karena tidak adanya kata sepakat antara pihak laki-laki dengan pihak perempuan mengenai jumlah maskawin yang akan diberikan pihak pengantin lakilaki, dimana pihak pengantin laki-laki adanya kerena tidak sanggup memberikan jumlah mas kawin yang diminta oleh pihak pengantin perempuan. Perkawinan mangalua ini juga dapat terjadi karena salah seorang atau kedua orangtua dan pengantin laki-laki atau pengantin perempuan tidak menyetujui perkawinan mereka.

Mangalua atau kawin lari pada waktu belakangan ini merupakan suatu peristiwa yang banyak dilakukan oleh muda-mudi Batak.Pada jaman dahulu kala, peristiwa seperti ini adalah sangat jarang dilakukan.Tetapi, pada saat ini kawin lari sudah menjadi hal biasa yang sering dilakukan masyarakat. Masyarakat yang melakukan kawin lari adalah orang yang melanggar adat Batak dan setiap orang yang melanggar adat akan diberikan hukum. 

Kawin lari dilakukan karena kedua belah pihak keluarga tidak ada kesesuaian sehingga upaya terakhir yang dilakukan adalah kawin lari.Jika kawin lari terjadi, maka sistem kekeluargaan tidak terjalin dengan seluruh keluarga kedua belah pihak. Kawin lari dapat diselesaikan apabila pihak yang melarikan anak gadis tersebut yaitu pihak laki-laki pada suatu saat akan melakukan suatu upacara adat sesuai dengan hukum adat yang ditetapkan.

Faktor-faktor terjadinya kawin lari.
1. Tidak ada persetujuan dari kedua belah pihak yaitu orangtua
2. Perbedaan agama dan keyakinan
3. Perbedaan suku
4. Adanya pemahaman yang kurang akan artinya adat.
Tetapi hingga saat ini peristiwa kawin lari kebanyakan dikarenakan kesalahan orangtua.Hal penting yang dilakukan pada saat mangalua adalah.
  1. Bila seorang melarikan seorang anak gadis, maka gadis tersebut harus dititipkan di tempat pihak ketiga. Di artikan dalam hal ini, pada saat peristiwa itu terjadi si gadis harus suci. Itulah sebabnya biasanya si gadis dititipkan ditempat petugas agama atau gereja dan bila ini tidak ada harus ditempatkan yang bukan ditempati oleh si laki-laki.
  2. Petugas agama bersama pihak keluarga pria berusaha mengesahkan kedua insan ini menjadi suami istri yang sah menurut agama.
  3. Melakukan pesta keluarga tanpa ada pihak wanita
  4. Setelah pesta keluarga tanpa ada pihak wanita, barulah diadakan upacara Mangadat

Suku Batak khusus sub Batak Toba tersebar ke berbagai daerah sebagai perantau termasuk ke provinsi Sumatera Utara termasuk di Kecamatan Medan Amplas, hal ini ditandai dengan adanya masyarakat Batak Toba yang berkerja sebagai Parengge-rengge (pedagang), supir angkutan kota, pegawai negeri, pegawai swasta, dan lain-lain.

Sebagai masyarakat perantau tentunya masyarakat Batak Toba juga harus memenuhi keperluan kehidupan kekerabatan dan meneruskan keturunan. Salah satu cara untuk mewujudkan hal itu adalah melalui pranata perkawinan.Upacara perkawinan sampai saat ini masih tetap dilakukan oleh masyarakat Batak Toba, namun perkembangan zaman mengakibatkan pergeseran pandangan masyarakat akan nilai-nilai upacara perkawinan tersebut khususnya pesan yang disampaikan.

Timbulnya perubahan tata cara perkawinan upacara adat perkawinan di setiap daerah termasuk daerah perantauan. Apalagi ditambah dengan tingginya tingkat pendidikan yang menyebabkan meluasnya tingkat kognitif masyarakat, serta faktor agama dan status sosial yang banyak berperan dalam penentuan afeksi mereka terhadap upacara adat perkawinan. Namun pada dasarnya pelaksanaan adat perkawinan itu tetap sama yaitu berdasarkan adat dalihan na tolu (Pasaribu, 2002:74-79)

Anda baru saja membaca artikel dengan judul Stratifikasi Sosial dan Tradisi Mangalua Pada Masyarakat Batak Toba-Sumatera Utara, Semoga bermanfaat. Terima kasih.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Administrasi Guru,73,Alat Musik Tradisional,34,Alur Tujuan Pembelajaran,5,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia,1,Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris,1,Alur Tujuan Pembelajaran IPAS,1,Alur Tujuan Pembelajaran Matematika,1,Alur Tujuan Pembelajaran PJOK,1,Alur Tujuan Pembelajaran PKN,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Musik,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Rupa,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Tari,1,Alur Tujuan Pembelajaran Seni Teater,1,Antivirus,2,Antivirus 2016,2,Antivirus Terbaik,2,App,2,App Android,1,App Review,1,ATP,6,ATP Agama Buddha,1,ATP Agama Hindu,1,ATP Agama Islam,1,ATP Agama Katolik,1,ATP Agama Konghucu,1,ATP Agama Kristen,1,ATP Bahasa Indonesia,1,ATP Bahasa Inggris,1,ATP IPAS,1,ATP Matematika,1,ATP PJOK,1,ATP PKN,1,ATP Seni Musik,1,ATP Seni Rupa,1,ATP Seni Tari,1,ATP Seni Teater,1,Bahasa Indonesia,1,Bahasa Inggris,2,Basis Data,4,Batik,2,Berita Rekomendasi,17,Blog,11,Blogspot,6,Brainware,1,Budaya Dunia,1,Budaya Indonesia,143,Burung,19,Cirebon,1,Danau,1,DBMS,3,Domain,4,Email,8,Facebook,1,Fauna Indonesia,19,Film Terbaru 2016,1,Flora dan Fauna Indonesia,11,Game,1,Game Terbaru,1,Geodesi,22,Geografi,26,Geologi,3,Globe,1,Gmail,3,Gunung,1,Hardware,17,HDD,1,Hewan Langka di Indonesia,19,Hiburan,1,Hosting,7,Ilmu Pengetahuan Sosial,19,Ilmu Ukur Tanah,4,Info West Movie,1,Internet,17,IP,2,IPAS,1,IPS,21,Istilah IT,25,IT,28,Jaringan Komputer,16,K13,1,Kelas 1 SD,25,Kelas 2 SD,10,Kelas 3 SD,5,Kelas 4 SD,19,Kelas 5 SD,4,Kelas 6 SD,3,Keyboard,3,Komponen Jaringan Komputer,7,Komputer,28,KTSP,13,Kuliner Nusantara,2,Kurikulum Merdeka,48,Kurikulum K13,11,Lagu Daerah,20,LCD,2,LED,2,Linkedin,1,Makanan Khas Indonesia,9,Malware,2,Mapel Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Mapel Bahasa Indonesia,3,Mapel Bahasa Inggris,1,Mapel IPAS,1,Mapel Matematika,2,Mapel Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,1,Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI),2,Mapel Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti PAK,1,Mapel Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti,1,Mapel PJOK,2,Mapel PPKn,2,Mapel Seni Musik,1,Mapel Seni Rupa,1,Mapel Seni Tari,1,Mapel Seni Teater,1,Matematika,1,Minuman Khas Indonesia,2,Modul,2,Modul Ajar,32,Modul Ajar Agama Hindu Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Agama Konghucu dan Budi Pekerti,1,Modul Ajar Agama Konghucu Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia,3,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Bahasa Inggris,1,Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD,2,Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Kurikulum Merdeka,23,Modul Ajar Matematika,2,Modul Ajar Matematika Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PAI,2,Modul Ajar PAI Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PAK,1,Modul Ajar PAK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti,2,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen,1,Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK,2,Modul Ajar PJOK Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PJOK Kelas 4 SD,1,Modul Ajar PPKn,1,Modul Ajar PPKn Kelas 1 SD,1,Modul Ajar PPKn Kelas 4 SD,1,Modul Ajar Seni Musik,2,Modul Ajar Seni Rupa,2,Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Tari,2,Modul Ajar Seni Tari Kelas 1 SD,1,Modul Ajar Seni Teater,1,Modul Ajar Seni Teater Kelas 1 SD,1,Mouse,2,New Info,18,Obyek Wisata,2,P3K,3,Pahlawan Nasional,1,Pahlawan Wanita,1,Pakaian Adat,11,Pembelajaran,1,Pendidikan Agama Buddha,1,Pendidikan Agama Hindu,1,Pendidikan Agama Islam,1,Pendidikan Agama Katolik,2,Pendidikan Agama Konghucu,2,Pendidikan Agama Kristen,2,Perangkat Keras Komputer,14,Perangkat Komputer,14,Peta,9,PJOK,1,PKN,1,PPPK,3,Promes dan KKM,1,Prota,3,Prota PAI SD KTSP,3,Prota Tematik SD KTSP,3,Protokol Jaringan,1,Provinsi Bali,3,Provinsi Bangka Belitung,2,Provinsi Banten,3,Provinsi Bengkulu,2,Provinsi DI Yogyakarta,3,Provinsi DKI Jakarta,13,Provinsi Gorontalo,2,Provinsi Jambi,4,Provinsi Jawa Barat,3,Provinsi Jawa Tengah,2,Provinsi Jawa Timur,2,Provinsi Kalimantan Barat,2,Provinsi Kalimantan Selatan,2,Provinsi Kalimantan Tengah,2,Provinsi Kalimantan Timur,2,Provinsi Kalimantan Utara,2,Provinsi Kepulauan Riau,3,Provinsi Lampung,1,Provinsi Maluku,2,Provinsi Maluku Utara,2,Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam,26,Provinsi NTB,2,Provinsi NTT,2,Provinsi Papua,2,Provinsi Papua Barat,2,Provinsi Riau,10,Provinsi Sulawesi Barat,2,Provinsi Sulawesi Selatan,2,Provinsi Sulawesi Tengah,2,Provinsi Sulawesi Tenggara,2,Provinsi Sulawesi Utara,3,Provinsi Sumatera Barat,24,Provinsi Sumatera Selatan,5,RAM,1,Rekomendasi Antivirus,2,Rekomendasi Film,1,ROM,1,RPP dan Silabus,8,RPP K13,4,Rumah Adat,9,Security,3,Sejarah,2,Seni Musik,1,Seni Rupa,1,Seni Sastra,2,SeniTari,1,SeniTeater,2,Senjata tradisional,8,SIG ( Sistem Informasi geografi),9,Silabus K13,1,Simbol Peta,2,SK,1,Skala Peta,1,SmartPhone,4,Soal Latihan,1,Software,2,Sosial Masyarakat.,2,Sosial Media,6,Storage device,2,Suku Provinsi Aceh,1,Sumatera Utara,8,Sungai,1,Taman Nasional,12,Tari Topeng,1,Tarian Adat,21,Tarian Provinsi Aceh,11,Tips & Trik,16,Topologi Jaringan,2,Twitter,1,UMKM,1,Upacara Adat,4,Virus Komputer,2,Website,9,Worm,2,Yahoo,5,
ltr
item
DTECHNOINDO: Stratifikasi Sosial dan Tradisi Mangalua Pada Masyarakat Batak Toba-Sumatera Utara
Stratifikasi Sosial dan Tradisi Mangalua Pada Masyarakat Batak Toba-Sumatera Utara
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMX_lC3fm6kgu5f_EJeZ_X7baO64JI7TyMJl42yCy35NhE7XY34yDMgdL1h4KRilXVB4fHzLTNhzK6JbCULCN3RHxrRE30VKaoT5MxrT2LHc7RiKlcdF_ZUf-A-qBlOXYRGMEk_czJDNY/s1600/Stratifikasi+Sosial+dan+Tradisi+Mangalua+Pada+Masyarakat+Batak+Toba-Sumatera+Utara-1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMX_lC3fm6kgu5f_EJeZ_X7baO64JI7TyMJl42yCy35NhE7XY34yDMgdL1h4KRilXVB4fHzLTNhzK6JbCULCN3RHxrRE30VKaoT5MxrT2LHc7RiKlcdF_ZUf-A-qBlOXYRGMEk_czJDNY/s72-c/Stratifikasi+Sosial+dan+Tradisi+Mangalua+Pada+Masyarakat+Batak+Toba-Sumatera+Utara-1.jpg
DTECHNOINDO
https://dtechnoindo.blogspot.com/2017/01/stratifikasi-sosial-dan-tradisi.html
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/
https://dtechnoindo.blogspot.com/2017/01/stratifikasi-sosial-dan-tradisi.html
true
6671659477346282417
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content